PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH KALKULUS DIFERENSIAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM

Main Article Content

Sumargiyani Sumargiyani

Abstract

Pemahaman terhadap materi Kalkulus Diferensial dapat dilihat dari hasil pekerjaan yang dilakukan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata kuliah Kalkulus Diferensial dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UAD TA 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas C Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta tahun akademik 2016/2017 yang menempuh mata kuliah Kalkulus Diferensial. Sedangkan objek penelitian adalah penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran Quantum pada mata kuliah Kalkulus Diferensial pada mahasiswa kelas C Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD TA 2016/2017. Data dikumpulkan dengan lembar observasi, angket, dan wawancara,. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Quantum dapat meningkatkan motivasi belajar Kalkulus Diferensial mahasiswa pendidikan matematika FKIP UAD tahun akademik 2016/2017. Hal ini terbukti dari hasil angket rata-rata motivasi belajar Kalkulus Diferensial pada Siklus I sebesar 77,21% (kriteria baik), meningkat pada Siklus II 77,96% (kriteria baik) dan pada Siklus III meningkat menjadi 80,12% (kriteria sangat baik). Adapun hasil observasi motivasi belajar Kalkulus Diferensial pada Siklus I 93,81% (kriteria sangat baik) meningkat pada Siklus II 94,32% (kriteria sangat baik) dan pada Siklus III meningkat menjadi 94,83% (kriteria sangat baik).

Article Details

How to Cite
Sumargiyani, S. (2018). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH KALKULUS DIFERENSIAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 155-161. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19590
Section
Articles

References

Arikunto,S.2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta ; PT Bumi Aksara.
Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi siswa dengan pembelajaran pendekatan quantum learning pada siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).
Djamarah,S & Zain,A.2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman,AM. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Shoimin,A.2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana,N. 2012..Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remadja Rosdakarya.
Suprihatiningrum,J.2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Suprijono,A.2012.Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Uno, H B.2015 .Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kraetif dan Efektif. Jakarta : Bumi Akasara.