Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Abstraksi Matematis dan Tanggung Jawab Siswa Kelas XI Perhotelan SMKN 6 Semarang

Main Article Content

Sigit Adi Wibowo
Mulyono Mulyono
Sumarti Sumarti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan abstraksi matematis dan tanggung jawab peserta didik kelas XI Perhotelan 3 SMKN6 Semarang. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik XI Perhotelan SMKN6 Semarang yang berjumlah 32 peserta didik. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama dua kali Siklus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, kajian dokumen dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan abstraksi matematis dan tanggung jawab peserta didik. Kemampuan abstraksi matematis peserta didik pada siklus satu dengan ketuntasan kelas sebesar 73,33 % dengan rata-rata 69,67 kurang dari syarat indikator pencapaian yang diharapkan sebesar  70, sementara pada siklus kedua meningkat menjadi 87,50 % dengan rata-rata nilai peserta didik sebesar 80,56 dan menunjukan memenuhi indikator yang diharapkan dalam penelitian ini. Tanggung jawab saat dilakukan siklus I sebesar 67,87 %, sementara setelah siklus ke II sebesar 78,91 %. Data nilai peserta didik menunjukan korelasi positif antara kemampuan abstraksi matematis dengan tanggung jawab peserta didik. Jadi kesimpulannya dari penelitian ini model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan abstraksi matematis dan rasa tanggung jawab  peserta didik.

Article Details

How to Cite
Wibowo, S. A., Mulyono, M., & Sumarti, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Abstraksi Matematis dan Tanggung Jawab Siswa Kelas XI Perhotelan SMKN 6 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 409-415. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19613
Section
Articles

References

Akinoglu, O. dan R.O Tandogan. 2007. The Effect of Problem Based Active Learningin Science Education on Students’ Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathemathics, science & Technology Education 3(1), 71-81. (Online). (http://ejmste.com/v3n1/EJMSTEv3n1_Akinoglu.pdf, diakses 12 Juli 2017).
Hong, Y.J. & Kim, K.M. 2016. Mathematical Abstraction.The Solving ill-Structured Problems by Elementary School Students in Korea. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(2), 267-281. (Online). (http://www.iserjournals.com/journals/eurasia/articles/10.12973/eurasia.2016.1204a, diakses 10 Juli 2017).
Suhardjono. 2010. Pertanyaan dan Jawaban di Sekitar Penelitian Tindakan Kelas dan Tindakan Sekolah. LP3 UNM: Cakrawala Indo
The Program for International Student Assessment (PISA) (2015). Result and Focus. (Online). (https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf, diakses 11 Juni 2017).
Ulfa, Dinia. 2014. Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar dengan Layanan Konseling Individual Teknik Self-Management. Indonesian Journal of Guidance Ana Counseling 3 (4). (Online). (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/viewFile/3794/3412, diakses 10 Juni 2017).