MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN DAYA JUANG SISWA MELALUI STRATEGI TRAJECTORY LEARNING

Main Article Content

Triwibowo Triwibowo
Emi Pujiastuti
Harni Suparsih

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah dengan penerapan strategi Trajectory Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahan konsep matematis dan daya juang siswa kelas XI IPS 2 SMAN 6 Semarang? Berdasarkan masalah tersebut, peneltian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan daya juang siswa kelas XI IPS 2 SMAN 6 Semarang melalui strategi Trajectory Learning (TL).


Jenis penilitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes, lembar observasi, angket, dan lembar pertanyaan wawancara. Analisis data yang di gunakan adalah penyederhanaan dan deskripsi data. Indikator keberhasilan penelitian antara lain: (1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep matamatis siswa meningkat dari pra siklus ke siklus satu dan siklus berikutnya, (2) ketuntasan pemahaman konsep matematis siswa secara klasikal minimal 75% siswa memperoleh nilai di atas KKM, (3)daya juang siswa minimal tinggi dan meningkat dari pra siklus ke siklus satu dan siklus berikutnya.


Hasil penelitian menunjukan rata-rata kemampuan awal pemahaman konsep matamatis siswa adalah 74,29, dan mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 75,29 dan paa siklus II menjadi 81,89. Ketuntasan klasikal kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada siklus I adalah 77% dan pada siklus meniII adalah 94%. Ketuntasan klasikal tersebut mengalami peningkatan dari keadaan awal yaitu 60%. Kategori daya juang siswa tinggi dengan skor 60,11 pada kemampuan daya juang awal, dan meningkat menjadi 65,98 pada siklus I, dan menjadi 74,91 pada siklus II.


Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan strategi Trajectory Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan daya juang siswa kelas XI IPS 2 SMAN 6 Semarang.

Article Details

How to Cite
Triwibowo, T., Pujiastuti, E., & Suparsih, H. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN DAYA JUANG SISWA MELALUI STRATEGI TRAJECTORY LEARNING. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 347-353. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19615
Section
Articles

References

Daro, P., dkk. 2011. Learning trajectories in mathematics: A Foundation for Standars, Curriculum, Assesment, and Instruction. Consorium For Policy Research in Education. Tersedia di http://www.cpre.org/ccii/images/stories/ccii_pdfs/learning%20trajectories%20in%20math_ccii%20report.pdf [diakses 12-6-2017]
Herawaty, Y. & R. Wulan. 2013. Hubungan Antara Keberfungsian Keluarga dan Daya Juang Dengan Belajar Berdasar Regulasi Diri Pada Remaja. Jurnal Psikologi, 9(2):138-147. Tersedia di http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi/article/download/176/164 [diakses 9-6-2017]
Permendikbud. 2014. PMP MTK SMP. Tersedia di http://staff.unila.ac.id/ngadimunhd/files/2012/03/Permen-58-ttg-Kurikulum-SMP.doc [diakses 14-6-2017]
Wardhani, Sri. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika. Tersedia di http://p4tkmatematika.org/file/PRODUK/PAKET%20FASILITASI/SMP/Analisis%20SI%20dan%20SKL%20Matematika%20SMP.pdf [diakses 11-6-2017]
Wardani, W. S. K. & Saidiyah, S.2016. Daya Juang Mahasiswa Asing. Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2): 213–224. Tersedia di http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/psy/article/download/1111/819 [diakses 9-6-2017]
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia. Tersedia di http://www.inherent-dikti.net/files/sisdiknas.pdf [diakses 11-6-2017]