Penilaian Kinerja Sebagai Alternatif Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Main Article Content

Endang Retno W.
Rochmad Rochmad
St. Budi Waluya

Abstract

Berpikir kritis adalah proses mental, strategi dan representasi yang digunakan individu untuk memecahkan, membuat keputusan dan mempelajari konsep baru. Berpikir kritis merupakan investigasi yang bertujuan untuk mengeksplorasi situasi, fenomena, pertanyaan atau masalah untuk menjadi hipotesis atau kesimpulan melalui pengintegrasian seluruh informasi yang tersedia sehingga memiliki justifikasi yang meyakinkan. Berpikir kritis mencakup kemampuan berpikir yang masuk akal dan reflektif yang berfokus pada keputusan tentang apa yang akan dipercaya atau dilakukan. Penilaian kinerja  mampu mendorong siswa untuk lebih aktif dan lebih bertanggung jawab, karena siswa harus menjawab pertanyaan dan atau menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru dalam bentuk masalah-masalah yang ditemukan di dalam kehidupan nyata. Selama ini berpikir kritis lebih banyak hanya diukur dengan tes saja, dan sebenarnya itu belum cukup. Dalam tulisan ini akan dibahas bagaimana mengukur kemampuan berpikir kritis dengan penilaian kinerja.

Article Details

How to Cite
W., E. R., Rochmad, R., & Waluya, S. B. (2018). Penilaian Kinerja Sebagai Alternatif Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 522-530. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20134
Section
Articles

References

Alexander, P, A. 2014. Thinking Critically and Analytically about Critical Analytic Thinking : an Introduction. Educational Psychology Journal, 26, 496-476.
El-Sheikh, O. & H. Innabi. 2006. The Change in Mathematics Teacher’s Perceptions of Critical Thinking After 15 Years of Educational Reform in Jordan. Jurnal Educational Studies in Mathematics, 64, 45-68.
Brett Elliott, Oty, K., McArthur, J., & Clark , B. 2001. The Effect of an Interdisciplinary Algebra/science Course on Students’ Problem Solving Skills, Critical Thinking Skills and Attitudes Towards Mathematics. Int. J. Math. Educ. Sci. Technol., 32(6), 811-816.

Ennis, R. H. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Ability. (Online). (http://faculty.education.illinois.edu/ rhennis/documents/TheNatureofCriticalThinking_51711_000.pdf diakses 20 Desember 2016).
Facione, P. A. 2013. Critical Thinking: What Is Is and Why It Counts. Insight Assessment. (Online). (https://www.insightassessment.com/content/download /1176/7580/file/what&why.pdf diakses 28 Januari 2017).
Fajrianthi, Wiwin H, Berlian G S. 2016. Pengembangan Tes Berpikir Kritis dengan Pendekatan Item Response Theory, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Volume 20(1), 45-55.
Falchikov, N. 2005. Improving Assessment Through Student Involvement. London & New York Routledge Falmer.
Fisher, A. 2009. Critical Thinking : An Introduction. (diterjemahkan oleh Benyamin Hadinata) Cambridge University Press. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Hager, P., R. Sleet, P. Logan & M. Hooper. 2003. Teaching Critical Thinking in Undergraduate Science Cources. Journal of Science and Education, 12, 303-313.
Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. (diterjemahkan oleh A. Chaedar Alwasilah). Bandung: Mizan Learning Center.
Jumaisyaroh, T. & E. E. Napitupulu. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Kreano Unnes, 5(2), 157-169.
Konstantinos Korres & Eleni Tsami. 2010. Supporting the Development of Critical Thinking Skills in Secondary Education Through the Use of Interdisciplinary Statistics’ and Mathematics’ Problems. Journal of Interdisciplinary Mathematics, 13(5), 491–507.
Paul, R. & L. Elder. 2008. The Miniature Guide to Critical Thinking Concepts and Tools. Foundation for Critical Thinking. (Online). (http://www.criticalthinking.org/pages/defining-critical-thinking/766 diakses 26 Juli 2017).
Perkins, C. & E. Murphy. 2006. Identifying and Measuring Individual Engagement in Critical Thinking in online Discussion : An Exploratory Case Study. Educational Technology & Society, 9 (1), 298-307.
Robert L. Johnson, James A Penny, Belita Gordon. 2009. Assessing Performance. New York London: The Guilford Press.
Suratno, Dian Kurniati. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Math-Science Berbasis Performance Assessment untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Daerah Perkebunan Kopi Jember. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 21(1), 1-10.