Menyongsong Asesmen AUN-QA

Main Article Content

Mulyono Mulyono
Amidi Amidi

Abstract

AUN (ASEAN University Network) merupakan organisasi universitas di negara-negara ASEAN. Adapun tujuan AUN adalah untuk meningkatkan kualitas standar universitas di ASEAN. AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance) merupakan sebuah asesmen. Penilaian dilakukan secara mandiri (self assessment) dengan melakukan penulisan SAR (Self-Assesment Report). AUN-QA mengacu ke standar akreditasi international.  Anggota AUN dan prodi yang telah di-asses AUN, mahasiswanya dapat mengikuti program kredit transfer dengan universitas-universitas anggota AUN. Ada beberapa komponen yang dinilai dalam AUN-QA, diantaranya adalah kurikulum, dosen, karyawan, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan. Dalam menghadapi AUN-QA ini Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES) perlu mempersiapkan diri secara matang. Untuk itu perlu dilakukan analisis kebutuhan untuk menghadapi AUN-QA tersebut. Hal-hal apa saja yang perlu disiapkan, direvisi, dan diadakan mulai dari sekarang oleh prodi-prodi di Pascasarjana UNNES agar tersertifikasi taraf  AUN-QA harus teridentifikasi secara jelas.

Article Details

How to Cite
Mulyono, M., & Amidi, A. (2018). Menyongsong Asesmen AUN-QA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 531-538. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20137
Section
Articles

References

Accreditation Commission for Senior Colleges and Universities. 2001. Handbook of Accreditation. Alameda, CA: Western Association of Schools and Colleges.
Ashcraft, K. and L.F. Peek. 1995. The Lecture’s Guide to Quality and Standards in Colleges and Universities. London: The Falmer Press.
Baldridge National Quality Program. 2008. Education Criteria for Performance Excellence. Baldridge National Quality Program. Gaithhersburg, MD.
BAN-PT. 2000. Guidelines for External Accreditation of Higher Education. Jakarta: BAN-PT.
BAN-PT. 2000. Guidelines for Internal Quality Assessment of Higher Education. Jakarta: BAN-PT.
BAN-PT. 2003. Sistem Akreditasi Pendidikan Tinggi. Naskah Akademik. Jakarta: BAN-PT.
BAN-PT. 2008. Pedoman Evaluasi-diri Program Studi dan Institusi Perguruan Tinggi. Jakarta: BAN-PT.
BAN-PT. 2016. Guide to AUN-QA Asessessment at Programme Level. Version 3.0. Bangkok: Chulalangkom University.