MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS DAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 6 SEMARANG MELALUI MODEL PBL

Main Article Content

M. Soim Mubarok
Emi Pujiastuti
Harni Suparsih

Abstract

Pada pembelajaran matematika, seseorang tidak dapat mempelajari matematika tanpa belajar bukti matematika dan bagaimana membuatnya. Sehingga banyak siswa mempunyai kendala dalam belajar matematika karena rendahnya kemampuan pembuktian matematis. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pembuktian matematis dan rasa ingin tahu siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Semarang melalui model PBL. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas dua siklus dimana siklus I dua kali pertemuan dan siklus II hanya sekali pertemuan yang melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi aktivitas guru dan siswa, angket dan tes kemampuan pembuktian matematis disetiap akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 8 SMA Negeri 6 Semarang yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pembuktian matematis siswa pada siklus I adalah 87,5. Persentase ketuntasan pembuktian matematis siswa pada siklus I adalah 97% , sedangkan persentase rasa ingin tahu siswa pada siklus I adalah 82,9%. Untuk siklus II rata-rata pembuktian matematis adalah 83,9. Persentase ketuntasan pembuktian matematis siswa pada siklus II adalah 82,9%, sedangkan persentase rasa ingin tahu siswa pada siklus II adalah 71,4%. Sedangkan penilaian kemampuan akhir rata-rata pembuktian matematis adalah 78,9 dengan persentase ketuntasan pembuktian matematis adalah 80%. Kemampuan pembuktian matematis dan rasa ingin tahu pada tiap siklus mengalami penurunan dikarenakan tingkat kesulitan materi yang meningkat dan banyaknya tugas yang harus diselesaikan siswa. Namun secara personal, kemampuan pembuktian matematis dan rasa ingin tahu siswa meningkat sebesar 40% dan 28,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan model PBL dapat meningkatkan kemampuan pembuktian matematis dan rasa ingin tahu siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Semarang.

Article Details

How to Cite
Mubarok, M. S., Pujiastuti, E., & Suparsih, H. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS DAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 6 SEMARANG MELALUI MODEL PBL. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 677-683. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20217
Section
Articles

References

Abdussakir. 2014. Proses Berpikir Mahasiswa dalam Menyusun Bukti Matematis
dengan Strategi Semantik. (Online). (http://repository.uin-malang.ac.id/-1714/2/1714.pdf, diakses 13 Juni 2017)
Santosa, Cecep Anwar HF. 2013. Mengatasi Kesulitan Mahasiswa Ketika Melakukan Pembuktian Matematis Formal. (Online). (http://journal.fpmipa.upi.edu/-index.php/jpmipa/article/download/3/3, diakses 13 Juni 2017)
Syafri, F. S. 2017. Kemampuan Representasi Matematis dan
Kemampuan Pembuktian Matematika. (Online). (http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath/article/download/283/173, diakses 13 Juni 2017)