Pengembangan Modul Program Linear Berbasis Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Model Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal

Main Article Content

Ahmadi Ahmadi
M. Shaefur Rokhman

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Modul hasil pengembangan itu valid, dan untuk mengetahui apakah Modul hasil pengembangan efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa.. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan.  Pengumpulan data yang digunakan dengan cara validasi, observasi, angket, wawancara dan tes. Validasi dilakukan untuk mengetahui kevalidan pengembangan modul  Program Linear. Observasi, angket dan wawancara dilakukan untuk mengetahui kepraktisan pengembangan modul  Program Linear. Modul hasil pengembangan dapat dikatakan cukup valid karena sudah memenuhi kriteria-kriteria modul yang baik, modul hasil pengembangan memenuhi criteria kepraktisan karena mahasiswa memberikan penilaian melalui angket dengan skor yang cukup baik, berdasarkan hasil uji prporsi maupun uji t dapat disimpulkan bahwa modul hasil pengembangan dalam penelitian ini dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa

Article Details

How to Cite
Ahmadi, A., & Rokhman, M. S. (2018). Pengembangan Modul Program Linear Berbasis Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Model Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 805-809. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20371
Section
Articles

References

Emzir. 2011.Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Prastowo, A. 2011. Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Mandur, K., I Wayan Sadradan I Nengah Suprata. 2013. Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Swasta di kabupaten Manggarai. E-journal Program pascasarjana universitas Pendidikan Ganesha Volume 2.
Samsudi. 2005. Desain Penelitian Pendidikan. Semarang: UNNES.
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugandi, A. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MK UNNES.
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta