Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Melalui Model PBL Berbasis Konstruktivistik Materi SPLDV Kelas X

Main Article Content

Aditya Yusuf Kurniawan
Kartono Kartono
Santoso Santoso

Abstract

Pada pembelajaran matematika, siswa banyak terlihat kesulitan untuk memecahkan masalah matematika yang memiliki kaitan terhadap materi yang dipelajari sebelumnya. Permasalahan tersebut diperlukan adanya tindakan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa. Atas dasar tersebut penelitian ini bertujuanĀ  meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa materi SPLDV pada kelas X Busana 1 SMK Negeri 6 Semarang melalui penerapan model PBL berbasis konstruktivistik.


PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dikatakan berhasil jika memenuhi indikator keberhasilan, yaitu (1) kemampuan koneksi matematika pada siklus I meningkat dari pra siklus dan meningkat dari siklus satu ke siklus berikutnya, (2) persentase kemampuan koneksi matematika tuntas secara klasikal (minimal 75%).


Hasil penelitian menunjukan rata-rata kemampuan awal siswa adalah 42,6. Nilai rata-rata siswa pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 74,1 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,7. Persentase ketuntasan siswa pada siklus I adalah 86,1% dan pada siklus II menjadi 97,2%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan PBL berbasis konstruktivistik dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa kelas X Busana 1 SMKN 6 Semarang. Model pembelajaran ini dapat lebih optimal jika diikuti dengan pengelolaan kelas dan perencanaan yang baik oleh guru.

Article Details

How to Cite
Kurniawan, A. Y., Kartono, K., & Santoso, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Melalui Model PBL Berbasis Konstruktivistik Materi SPLDV Kelas X. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 847-852. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20378
Section
Articles

References

Arikunto, S dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S., dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Jaya, Novian Triwidia. 2010. Hypnoteaching, Bukan Sekadar Mengajar. Bekasi: D-Brain.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.
Kemdikbud. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning) Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sd-Ditjen Dikdas.
Kemdikbud. 2015. Panduan Penilaian Pencapaian Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
NCTM Kemdikbud.. 2000. Executive Summary Principles and Standards for School Mathematics. (Online). (http://www.nctm.org/uploadedFiles/Math_Standards/12752_exec_pssm.pdf diunduh 20 Juni 2017).
S, Rizka., dkk. 2014. Model Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 3(2) 72-78. (Online). (https://journal.unnes.ac.idsjuindex.phpujmerarticledownload648628)