Pemanfaatan ICT Dalam Literasi Matematika

Main Article Content

Anita Sulistyawati
Wardono Wardono
Kartono Kartono

Abstract

Literasi matematika masih begitu asing didengar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, namun menjadi hal yang begitu penting untuk dimiliki masyarakat di era globalisasi saat ini. Seseorang dikatakan literate (melek) matematika bukan berarti hanya sekedar paham tentang matematika, tetapi juga dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Budaya literasi dalam perkembangan teknologi yang sangat pesat dalam dasawarsa terakhir menjadi suatu tantangan tersediri agar tetap bisa bertahan, oleh sebab itu Pemanfaatan ICT dalam literasi matematika sangatlah penting, sesuai tujuan literasi matematika disini supaya dapat membantu siswa dalam menganalisa, memberikan alasan, dan menyampaikan ide secara efektif, merumuskan, memecahkan, dan menginterpretasi masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi apakah literasi matematika itu? Apakakah literasi ICT? Mengapa literasi matematika begitu penting? Apakah ICT itu? Bagaimana memanfaatkan ICT dalam literasi matematika? Makalah ini akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Berdasarkan kajian tersebut dapat ditindak lanjuti dengan penelitian pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi matematika.

Article Details

How to Cite
Sulistyawati, A., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Pemanfaatan ICT Dalam Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 853-859. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20380
Section
Articles

References

Arends, R. 2008. Learning To Teach: Belajar untuk Mengajar. Jilid Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fitriono, Y., Rochmad, & Wardono. 2015. Model PBL dengan Pendekatan PMRI Berpenilaian Serupa PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1), 56-65.
Isnaini, N. T. 2010. Membina Lomba Melek Matematika di Sekolah. (Makalah). Seminar Nasional Pendidikan dalam Rangka Ulang Tahun Emas UNSRI. Palembang, 16 Oktober 2010.
Johar, R. 2012. Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 30-41.
Nieveen, Nienke. 1999. Prototyping to Reach Product Quality.. from Design Approches and Tools in Education and Training. Van den Akker, jan. et.al. Dordrecht, the Neterlands: Kluwer Academic Publisher: p.125-135.
OECD. 2013. PISA 2012 Results in Focus: What 15-years-old know and what they can do with what they know. PISA. Paris: OECD Publishing.
OECD. 2016. PISA 2015 Result (Volume I) Excellence and Equity in Education. PISA. Paris: OECD Publishing.
Rhodes,I.K. 1993. Literacy Assesment. Heineman Educational Book.Inc.
Rosalia. 2015. Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 73403(5), 978-602.
Sugiharto. 2014. Analisis Pembelajaran dan Kemampuan Literasi Matematika Serta Karakter pada Pembelajaran Limit Fungsi (Studi Kasus pada SMA N 1 Pegandon Kendal). Tesis. Semarang: Program Pascasarjana Unnes.
Syarifuddin. 2014. Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Penelitian Komunikasi,17(2), 153-164.
Uno, H. B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Aktif Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Yuni. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X – ITS, Surabaya, 270(1), 979-545.