Peningkatan Penalaran Matematis melalui PBL Bernuanasa Etnomatika pada Siswa XI MIPA 6 SMA

Main Article Content

Rizki Fajar Kurniawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan  meningkatkan kemampuan penalaran matematis pada sisa XI MIPA 6, SMA N 7 Semarang dengan Model Problem based Learning (PBL) bernuansa etnomatematika pada materi matriks. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas dua siklus dimana tiap siklus dua kali pertemuan yang melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara dan tes kemampuan penalaran matematis disetiap akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 7 Semarang yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata penalaran matematis siswa pada siklus I adalah 74,93  dan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 81,26. Persentase ketuntasan penalaran matematis siswa pada siklus I adalah 72,79 % dan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 78,38. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Model Problem based Learning (PBL) bernuansa etnomatematika dapat meningkatkan penalaran matematis siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Semarang. Model pembelajaran ini dapat lebih optimal jika diikuti dengan pengelolaan kelas dan perencanaan yang baik oleh guru.

Article Details

How to Cite
Kurniawati, R. F. (2018). Peningkatan Penalaran Matematis melalui PBL Bernuanasa Etnomatika pada Siswa XI MIPA 6 SMA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 830-834. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20398
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA
Ainun, N. 2015. “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Madrasah Aliyah melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament”. Jurnal Progam Studi Matematika Universitas Serambi Mekah Banda Aceh. Vol 4, no 1. 55-63. Tersedia http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/5859/4851. diakses pada tanggal 11 Jni 2017.
Kasina, A. 2009. “Penelitian Tindakan Kelas”. Jurnal Pendidikan Penabur. No 12. Tersedia di http://bpkpenabur.or.id/wp-content/uploads/2015/10/jurnal-No12-Thn8-Juni2009.pdf#page=57 . diakses pada tanggal 11 Juni 2017
Kementrian Pendidikan dan Kebuyaan. 2014. “Materi Pelatiahan Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. Tersedia di http://matematohir.wordpress.com/
Mashunah, F. 2017. “Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar melalui Konseling Kelompok Realita pada Siswa kelas VIII SMP N 1 Prambon Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016”. Jurnal FKIP/Bimbingan Konseling UNP Kediri 2017. Tersedia di https://simki.lp2m.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/12.1.01.01.0135.pdf. Diakses pada tanggal 11 Jni 2017.
Muhson, A. 2009. “Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Mahasiswa melalui Penerapan Problem based Learning”. Jurnal FISE UNY. Vol 39,no 2. 171-182. Tersedia di http://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/203. . diakses pada tanggal 11 Jni 2017.
Rachmawati, I. 2010. “Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo”. Jurnal Progam Studi Matematika FKIP Unesa. Tersedia di http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/249. Diakses pada tanggal 11 Juni 2017.
Suryaningsih, D. 2015. “Perapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Kelas VIII C SMP Negeri 13 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015” . Jurnal FKIP Unej. 1-5. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66798. diakses pada tanggal 11 Jni 2017.
Sutama. 2010. Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS dan PTBK. Semarang: Surya Offset.
Utami, P. 2014. “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X1 IPA SMA N 2 Paian melalui Penerapan Pembelajaran Think Pair Square”. Jurnal FMIPA UNP. Vol 3, no 1. 7-12.tersedia di http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/1212. diakses pada tanggal 11 Jni 2017
Wardhani, S. (2008). Penyimpanan darah tali pusat prospek kebutuhan trend mimpi bioteknologi. Program Master Graduate School of Phamaceutical Science, Departement of Pharmacology, Tohoku university, Japan.