Pemilihan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode WP (Weighted Product) pada Industri Tekstil

Main Article Content

Budi Prasetiyo
Much Aziz Muslim
M. Anbiya Nur Islam

Abstract

Salah satu penentu keberhasilan suatu usaha adalah dalam hal strategi pemasaran. Dalam memilih strategi pemasaran yang kompetitif, dibutuhkan penelitian diberbagai faktor internal dan eksternal perusahaan yang berpengaruh terhadap performasi perusahaan. Pemilihan strategi pemasaran dapat dikategorikan sebagai tindakan pengambilan keputusan. Dengan bantuan metode-metode pada Fuzzy seperti metode Weighted Product (WP) dapat membantu pengambilan keputusan mengenai pemilihan strategi pemasaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil perbandingan perhitungan dengan menggunakan metode WP. Terdapat empat alternatif dengan kriteria untuk penilain alternatif digunakan 14 kriteria. Diperoleh bahwa dengan metode WP yang terpilih adalah alternatif 2 (A2), yaitu menggunakan brand image perusahaan dengan melakukan kegiatan promosi produk secara online dan jejaring social dan penyediaan pusat pelayanan pelanggan.

Article Details

How to Cite
Prasetiyo, B., Muslim, M. A., & Islam, M. A. N. (2017). Pemilihan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode WP (Weighted Product) pada Industri Tekstil. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 723-727. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21525
Section
Articles

References

BPS. 2009. Statistik Indonesia 2008. Badan Pusat Statistik, Jakarta.
Kusumadewi, S., Hartati, S, et al,. 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Graha Ilmu, Yogyakarta.
Prasetiyo, B., SUryani, A.R. 2016. Metode SAW (Simple Additive Weighting) dalam Pengambilan Keputusan Pemilihan Strategi Pemasaran Industri Tekstil. Prosiding, Seminar Nasional Ilmu Komputer 2016.
Sari, P.M.R, Santoso, P.B, Hamdala, I. 2014. Pengambilan Keputusan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode ANP dan Fuzzy TOPSIS. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol. 2 (2).
Wu, C.S, Lin, C.T, Lee, C 2009. Optimazing a Marketing Expert Decision Process for Private Hotel. Journal of Expert System with Applications. Vol 36, 5613-5619.
Yulianto, A.W, Suyitno Hardi, Mashuri, 2012. Aplikasi Fuzzy Linear Programming dalam Optimalisasi Produksi. UNNES Journal of Mathematics 1 (1), 9-14.
Yunus, M, Dahlan, H.S, Santoso, P.B, 2014. SPK Pemilihan Calon Pendonor Darah Potensial dengan Algoritma C4.5 dan Fuzzy Tahani. Junal EECCIS 1 (8), 57-58.