Pemanfaatan Graf pada Manajemen Kunci Kriptografi untuk Mengamankan Komunikasi Grup

Main Article Content

Annisa Dini Handayani

Abstract

Komunikasi grup merupakan salah satu bentuk komunikasi yang mengijinkan user untuk mentransmisikan data kepada  user lain dalam satu grup komunikasi. Permasalahan utama dari komunikasi grup ini adalah keamanan dari data yang ditransmisikan. Meskipun enkripsi dapat digunakan untuk mengamankan data tersebut, tetapi manajemen kunci kriptografi yang digunakan untuk proses enkripsi masih menjadi permasalahan yang perlu diperhatikan. Pada makalah ini akan dibahas bagaimana graf pohon dapat digunakan untuk memodelkan bentuk komunikasi grup sehingga akan memudahkan manajemen kunci enkripsi yang digunakan pada komunikasi grup tersebut. Dengan memanfaatkan graf pohon, pembaruan kunci ketika terjadi penambahan dan pengurangan user akan menjadi lebih mudah.

Article Details

How to Cite
Handayani, A. D. (2017). Pemanfaatan Graf pada Manajemen Kunci Kriptografi untuk Mengamankan Komunikasi Grup. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 709-716. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21529
Section
Articles

References

Chockler, Gregory V., Keidar, Idit., & Vitenberg, Roman. Group Communication Specifications: A Comprehensive Study. ACM Computing Surveys (pp. 1-43).
Elaine, Barker. 2016. Recommendation for Key Management, Part 1: General. National Institute of Standards and Technology, Special Publication 800-57 Part 1, Revision 4.
Liang, Luping., Chanson, Samuel T., & Neufeld, Gerald W. 1990. Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).
Oppliger, Rolf. 2005. Contemporary Cryptography. London: Artech House, Inc.
Rafaeli, Sandro., & Hutchison, David. 2003. A Survey of Key Management for Secure Group Communication. ACM Computing Surveys, Vol. 35, No. 3, September 2003 (pp. 309-329).
Rosen, Kenneth. 2012. Discrete Mathematics and Its Application, Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.