Keefektifan Model PBL Berpendekatan Realistik Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika

Main Article Content

Monica A Mulia
Wardono Wardono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model PBL berpendekatan realistik saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mranggen tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII 8 sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan model PBL berpendekatan realistik saintifik, siswa kelas VIII 6 sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan model PBL berpendekatan saintifik, dan siswa kelas VIII 7 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model PBL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method. Hasil penelitian adalah (1) kelas yang menggunakan model PBL berpendekatan realistik saintifik dan PBL berpendekatan saintifik mencapai ketuntasan belajar klasikal, (2) kemampuan berpikir kritis siswa kelas yang menggunakan model PBL berpendekatan realistik saintifik lebih baik dari kelas yang menggunakan model PBL berpendekatan saintifik dan model PBL, (3) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model PBL berpendekatan realistik saintifik dan PBL berpendekatan saintifik, (4) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas yang menggunakan model PBL berpendekatan realistik saintifik lebih baik dari kelas yang menggunakan model PBL berpendekatan saintifik dan model PBL.


 

Article Details

How to Cite
Mulia, M. A., & Wardono, W. (2017). Keefektifan Model PBL Berpendekatan Realistik Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 50-61. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21547
Section
Articles

References

Burris, S. 2005. Effect Of Problem-Based Learning On Critical Thinking Ability And Content Knowledge Of Secondary Griculture Students. (Dissertation). University of Missouri-Columbia.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2008. Pengembangan Perangkat Penilaian Afektif. Online. Tersedia di http://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2008/08/penilaian-afektif.pdf [diakses 15-01-2014].
Ennis R. H. & Emeritus. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Cambridge: University of Illinois.
Fisher, A. 2001. Critical Thinking an Introduction. Cambridge: Cambridge University Press.
Garrison, D. R., T. Anderson, & W. Archer. 2001. Critical Thinking, Cognitive Presence, and Computer Conferencing in Distance Education. American Journal of Distance Education, 1(15): 7-23.
Hasratudin. 2010. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2): 19-33.
Istiandaru, A., dkk. Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Realistik-Saintifik dan Asesmen PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal Edumatica, 5(1):1-11.
Karyono & Apriyan, S. 2015. Keefektifan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Kritis Matematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, ISSN 2355-0066:72-84.
Kurniasih, A. W. 2010. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Identifikasi Tahap Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNNES dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. (Tesis). Universitas Negeri Malang.
Kurniasih, A. W. 2013. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dalam Mengembangkan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Calon Guru. Prosiding Seminar Nasional Matematika 2013 Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Kurniasih, I. & Berlin, S. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Katapena.
Kusumaningtyas, E. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika Materi Aritmetika Sosial pada Siswa Kelas VIII SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika 2014. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Maftukhin, M., Dwijanto, & Veronica, R.B. 2014. Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan CD Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Unnes Journal Of Mathematics Education, 3(1): 29-34.
Moleong, L.J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muchlis, E. E. 2012. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. Jurnal Exacta, 10(2): 136-139.
Mullis, I. M. & Foy, M.O. 2008. TIMSS 2007 International Mathematics Report. Chesnut Hills : Boston College.
Mulyasa, E. 2014. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Paul, R. & Elder, L. 2007. The Miniature Guide to Critical Thinking Concepts and Tools. (Online). (www.criticalthinking.org, diakses 20 Februari 2016).
Perkins, C. & Murphy, E. 2006. Identifying and Measuring Individual Engagement in Critical Thinking in Online Discussions: An exploratory case study. Educational Technology & Society, 9(1): 298-307.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Permendiknas) Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Pertama.
Rifa’i, A., & Catharina T. A. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Sandy, I. P., dkk. 2016. Penerapan PBL dalam pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS. E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1):1-10.
Siregar & Hartati. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Soviawati, E. 2011. Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan ke-SD-an, edisi khusus No. 2: 79-85.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wardono & Mariani, S. 2014. The Realistic Learning Model With Character Education and PISA Assesment To Improve Mathematics Literacy. International Journal of Education and Research, 2(7): 361-372.
Wardono, Dewi, S.C., & Soejoko, E. 2015. Implementasi Model PBL dengan Pendekatan Realistik Berbantuan Edmodo untuk Meningktakan Literasi Matematika Siswa kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(2): 164-171.
Wardono & Budiono, C. S. 2015. PBM Berorientasi PISA Berpendekatan PMRI Bermedia LKPD Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 3(3): 210-219.
Wardono, Rochmad, & Fitriono, Y. 2015. Model PBL dengan Pendekatan PMRI Berpenilaian Serupa PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1): 56-65.
Wardono, Waluya, B., Kartono, Sukestiyarno, & Mariani, S. 2015. The Realistic Scientific Humanist Learning with Character Education to Improve Mathematics Literacy Based on PISA. International Journal of Education and Research, 3(1): 349-362.
Wardono, Hasanah U., & Kartono. 2016. Keefektifan Pembelajaran Murder Berpendekatan PMRI dengan Asesmen Kinerja pada Pencapaian Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Serupa PISA. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2): 101-108.
Wardono, Waluya, S. B., Mariani, S., & Candra, D. S. 2016. Mathematics Literacy on Problem Based Learning with Indonesian Realistic Mathematics Education Approach Assisted E-Learning Edmodo. Journal of Physics, 693(1): 1-10.
Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yohanta, A. 2012. Keefektifan Penerapan Model Probing-Prompting pada Materi Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika 2011 Universitas Negeri Semarang. Semarang.