EFEKTIFITAS METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA CALON GURU MI

Main Article Content

Kristi Liani Purwanti

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGMI kelas GMI-2B dan GMI-2C Jurusan PGMI FITK UIN Walisongo  Semarang semester genap 2014/2015. Teknik analisis data yaitu analisis data awal (uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata), analisis instrumen tes (validitas, reliabelitas, tingkat kesukaran, daya pembeda), analisis data akhir (uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis). Hasil analisisnya diperoleh thitung = 5,286 dan ttabel = 1,99 dengan demikian maka thitung > t(0.05)(74). Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika mahasiswa yang diajar menggunakan metode inkuiri lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Yang artinya  ada pengaruh metode inkuiri terhadap kemampuan literasi matematika mahasiswa pada materi bangun datar kelas 2B Jurusan PGMI. Pengujian perbedaan rata-rata pada pemahaman konsep matematika dari kedua kelas tersebut setelah diberi perlakuan yang berbeda, diperoleh thitung = 2,126 dan  pada α = 5% dk= 74 diperoleh ttabel = 1,99. Oleh karena thitung > ttabel  maka hasil belajar mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan menggunakan metode pembelajaran inkuiri lebih baik daripada pembelajaran konvensional berbeda secara signifikan. Yang artinya  ada pengaruh metode pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep matematika pada materi bangun datar dan satuan pengukuran kelas 2B Jurusan PGMI.

Article Details

How to Cite
Purwanti, K. L. (2017). EFEKTIFITAS METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA CALON GURU MI. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 466-480. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21553
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
_______, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Fajariyah, Nur, Defi Triratnawati, Cerdas Berhitung Matematika Untuk SD/MI Kelas 3, Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Fridani, Lara, Sri Wulan, Sri Indah Pujiastuti, Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Universitas Terbuka, 2010.
Hanifah dan Cucu Suhana. Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Refika Aditama, 2012.
Hildayani, Rini, dkk, Psikologi Perkembangan Anak, Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.
Ika, Noormaningtyas, “Landasan Yuridis Perencanaan Pembelajaran. PPT”, http/ /ikanorma.weebly.com, diakses 09 November 2014.
Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati, Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan, Bandung: Refika Aditama, 2014.
Jalaluddin, Filsafat Ilmu Pengetahuan Cet 1, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.
Jense Eric, Pembelajaran Berbasis Otak Paradigma Pengajaran Baru Eds 2, Jakarta: PT Indeks, 2011.
Kemdikbud, Pendekatan Scientific (ilmiah) dalam Pembelajaran, Jakarta: Pusbang Prodik, 2013.
Laksana, Indra, dkk., Syaamil Al-Qur’an Terjemah Tafsir Perkata, Bandung: Sigma Publishing, 2010.
Makruf, Imam, Noor Alwiyah, dkk, Modul Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Kelompok Guru
Madrasah, Surakarta: LPTK rayon 232 FITK IAIN Surakarta, 2013.
Margono, S, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka, 2004.
Masrukhin, Statistic Inferensial, Kudus: Media Ilmu Press, 2008.
Owens, Robert G, Organizational Behavior In Education, America: Allyn and Bacon, 1995.
Prawiradilaga, Dewi Salma, Prinsip Desain Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2008.
Pribadi, Benny A, Model Pembelajaran Assure, Jakarta: Dian Rakyat, 2011.
Punch, Keith F, Summary of Contents, London: Mixed Sources, 2009.
Rougtledge, Teaching To Transgress, New York: Gloria Watkins, 1994.
_______, Teaching Community, New York: Gloria Watkins, 2003.
Slameto, Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sobel, Max A. dan Evan M. Maletsky, Mengajar Matematika, Jakarta: Erlangga, 2004.
Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali, 2009.
_______, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
Sudjana, Metoda Statistika, Bandung: Tarsito, 2002.
Sugiarto, Joko, Mangatur Sinaga, Sudwiyanto, dkk, Terampil Berhitung Matematika Untuk kelas 3, Jakarta: Erlangga, 2001.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011.
Sunarno, Pembelajaran Metode Eksperimen dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan dalam Menggunakan Alat Ukur, Tesis, Surakarta: Program Pascasarjanah, 2010.
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besar bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
_______, Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia Eds. II, Jakarta: Balai Pustaka, 1994.
Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 ayat (1)
_______, Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 13 ayat (1)
_______, Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 36 ayat (1)