Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Metode MMP dan Pendekatan Open-Ended

Main Article Content

Winardi Winardi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui apakah model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dimensi tiga pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sulang. 2) mengetahui apakah model pembelajaran MMP dengan pendekatan Open-Ended  dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kelas yang dipilih dalam penelitian adalah kelas X.6 SMA N 1 Sulang. Kelas tersebut memiliki prestasi yang rendah dan respon pembelajarannya lambat. Metode yang dipakai adalah Classroom action Research melalui 4 fase perencanaan,  tindakan,  pengamatan , refleksi. Pengambilan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar aktifitas siswa. Hasil penelitian prosentase kemampuan siswa dalam pemecahan masalah meningkat dari 48.9%, 50%, menjadi 61.1% untuk soal pertama. Sedangkan soal kedua, dari 60 %, 61.1% menjadi 64.4% . Untuk tuntas klasikal ada peningkatan dari 36.7%, 63.3%, menjadi 73.3%.  Hasil penilaian pengamatan keaktifan bertanya meningkat mulai dari 56.7%, 63.3% menjadi 75.7%, penilaian kerjasama mulai dari 58.3%, 65.0% menjadi 71.7%, sedangkan kemandirian dalam mengerjakan soal dari siklus 1 mencapai 80.0%, untuk siklus 2 dan 3 siswa sudah mencapai 100%. Mengacu hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa Model pembelajaran MMP dengan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar pada materi dimensi tiga kelas X.6 SMA Negeri 1 Sulang Kabupaten Rembang tahun pelajaran 2015/2016.

Article Details

How to Cite
Winardi, W. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Metode MMP dan Pendekatan Open-Ended. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 420-431. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21594
Section
Articles

References

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Fardah, K. D. 2012. Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. JURNAL KREANO, ISSN : 2086-2334 Diterbitkan oleh Jurusan Matematika FMIPA UNNES Volume 3 Nomor 2 Desember 2012. http://journal.unnes.ac.id/artikel_nju/kreano/2616. Di unduh 19 Maret 2016.
Lestari, P.D., Dwijanto, & Hendikawati, P. 2016. Keefektifan Model Problem-Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VII. UJME 5 (2) (2016). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme. Semarang : Unnes. Diunduh tanggal 16 September 2016
Liberna, H. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Formatif 2(3): 190-197 ISSN: 2088-351X, Universitas Indraprasta PGRI.
Melianingsih, N., Sugiman. 2015. Keefektifan Pendekatan Open-Ended dan Problem Solving pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar di SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, November 2015, (211 - 223). JRPM Website: http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index . Yogyakarta : UNY. Di unduh tanggal 9 Maret 2016.
Nohda, N. 2000. A study of "open-approach" method in school mathematics teaching - focusing on mathematical problem solving activities. Artikel. Diambil, dari http://www.nku.edu/~sheffield/nohda.htm
Haylock, D & Thangata, F. 2007. Key concepts in teaching primary mathematics. London: Sage Publications.
Hudojo, H. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta : Depdikbud Dirjendikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Hino, K. 2007. Toward the problem-centered classroom: trends in mathematical problem solving in Japan. Artikel. Diambil, dari http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.582.8974&rep=rep1&type=pdf
Kemendiknas. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64, Tahun 2013, tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Krismanto, A. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika Yogyakarta.
Muslich, M. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah .Jakarta: Bumi Aksara.
OECD. 2012. PISA 2012 Results in Focus. http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results.htm, diunduh tanggal 5 Januari 2016.
Orton, A. 2006. Learning mathematics issues,theory and classroom practice (3rd ed.). London: Cassell.
Pehkonen, E. 1997. The state-of-art in mathematical creativity. dalam zdm. international reviews on mathematical education. Artikel., dari http://www.emis.de/journals/ZDM/zdm973a1.pdf .
Pehkonen, E. 1999. Open-ended problems: A method for an educational change. Makalah disajikan dalam 4th Pan-Hellenic Conference With International Participation Didactics Of Mathematics & Informatics In Education, di The University of Crete: Department for Primary Education, Department of Computer Science, Department of Mathematics.
Polya, G. 1981. Mathematical discovery on understanding, learning, and teaching problem solving. Canada: John & Sons.
Setiawan, R. H., dan Harta, I. 2014. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, November 2014, (240 - 253), UNY. http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index Di unduh tanggal 9 Maret 2016.
Setyaningrum, R.R., Chotim, M., dan Mashuri. 2012. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Dan Nht Dengan Pemodelan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Kelas VIII. UJME 1 (2) (2012), Unnes Journal of Mathematics Education. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme , diunduh tanggal 14 September 2016.
Setiawan, 2008. Strategi Pembelajaran Matematika SMA. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Yogyakarta: PPPPTK Yogyakarta.
Shimada, S., & Becker, J. 2007. The Significance of an Open-Ended Approach. Dalam J. P. Becker dan S. Shimada (ed) The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Slavin, R. E. & C. Lake. 2007. Effective Programs in Elementary Mathematics: A Best-Evidence Synthesis. U.S.: John Hopkins University.
Sternberg, R.J. & Ben-Zeev, T. 1996. The nature of mathematical thinking. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Suherman, E., dkk. 2003. Common Textbook Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung : JICA UPI
Sullivan, P., Bourke, D., & Scott, A. 1995. Open-Ended tasks as stimuli for learning mathematics. In S. Flavel (Ed.)
Suwandi, Sarwiji. 2008. Modul PLPG: PTK dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta : Panitia Sertivikasi Guru Rayon 13
UNDP. 2015. ‘’Human Development Report 2015’’. Statistical annex http://hdr.undp.org/sites/default/files/hdr_2015_statistical_annex.pdf
diunduh tanggal 25 September 2016.
Wardani, I.G.A.K. 2007. Penelitian Tindakan Kelas .Universitas Terbuka