Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Materi Trigonometri Siswa Kelas X MAN 3 Pekalongan

Main Article Content

Bahrul Ulum
Dede Retno Roby Sugiarto

Abstract

Abstrak


Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa MAN 3 Pekalongan kurang sesuai harapan guru yang dibuktikan dengan banyaknya nilai siswa yang masih sedikit di atas KKM dan kemampuan siswa dalam penyelesaian masalah masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran make a match sebagai upaya peningkatan kemampuan penyelesaian masalah dan hasil belajar siswa kelas X MAN 3 Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian kelas X semester genap di MAN 3 Pekalongan tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri atas 52 siswa yang diambil dari data populasi dengan menggunakan teknik cluster randomized sampling. Sample ini terbagi menjadi tiga kelas yaitu kelas eksperimen (kelas VII B) dan kelas kontrol (kelas VII C). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah posttest only control design. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Data yang diperoleh dinalisis menggunakan SPSS versi 16 dan secara manual di analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas (uji barlett) dan uji dua sisi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata kelas eksperimen 78.23 secara statistik memenuhi ketuntasan 70, (2) terdapat pengaruh positif antara kemampuan penyelesaian masalah terhadap prestasi belajar dengan persamaan   sebesar 81,1%, dan (3) rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen 78.23 secara statistik lebih baik dari pada prestasi belajar kelas kontrol 73.46. Berdasar ketiga hasil tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui pembelajaran make a match mencapai kriteria efektif.

Article Details

How to Cite
Ulum, B., & Sugiarto, D. R. R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Materi Trigonometri Siswa Kelas X MAN 3 Pekalongan. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 289-295. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21598
Section
Articles

References

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: CV Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Eveluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Brilianti, Abdi Putri. 2012. Keefektifan Model Pembelajaran Make AMatch Berbasis Inquiry dan Pendidikan Karakter pada Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Dimensi Tiga Kelas X. Semarang: UNNES.
Erman Suherman, Turmudi, Didi Suryadi, Tatang Herman, Suhendra, Sufyan Prabawanto, Nurjanah, dan Ade Rohayati. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandun: Jica.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Lestasi, Dwi. 2011. Peningkatan Penguasaan Konsep Kompetensi Kedaulatan Rakyat Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match Pada Siswa Kelas Viii B Smp Negeri 2 Pekalongan Semester Genap Tahun Pelajaran 2010 /2011. Metodika Jurnal Pendidikan Dasar, 1, 119-122.
Mayangsari, Nurul Novita. 2014. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Make A Match terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Cirebon. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Matematika. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.
Muslich, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 1987. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suherman Ar, Erma. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica.
Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Yulaelawati, Ella. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Pakar Raya.