Prototipe Media Kocerin (Kotak Cerdas Interaktif) Berbasis Pendidikan Karakter di Taman Kanak-Kanak

Main Article Content

Eem Kurniasih
Lusi Rachmiazasi Masduki
Dwi Ampuni Agustina

Abstract

Anak adalah masa depan bangsa yang harus ditumbuhkembangkan jiwa dan raganya untuk menjadi anak yang cerdas, terampil dan berkarakter baik. Anak usia dini harus dikembangkan motorik kasar dan motorik halusnya melalui kegiatan bermain. Salah satu tugas dan kewajiban bagi guru adalah senantiasa berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan memiliki inovasi-inovasi dalam pembelajaran yang salah satunya ialah dengan menggunakan media pembelajaran agar menarik bagi siswa, salah satunya adalah media kocerin (kotak cerdas interaktif) yang dapat memotivasi siswa untuk lebih memahami suatu masalah dalam bentuk permainan yang diajukan dan dapat menimbulkan imajinasi dan mempersiapkan stimulus berpikir kreatif.


Penelitian R & D ini bertujuan untuk mengembangkan media Kocerin bagi siswa TK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk kocerin telah divalidasi oleh 2 orang validator dari UNISSULA dan UPGRIS Semarang dengan rata-rata validasinya 87,5 dan 90,5 artinya produk kocerin layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak, telah diterapkan di TK PGRI 73 dan TK PGRI 35 Pedurungan Semarang, kemudian respon anak-anak sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan media kocerin di TK PGRI 73 dan TK PGRI 35 Pedurungan

Article Details

How to Cite
Kurniasih, E., Masduki, L. R., & Agustina, D. A. (2017). Prototipe Media Kocerin (Kotak Cerdas Interaktif) Berbasis Pendidikan Karakter di Taman Kanak-Kanak. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 281-288. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21599
Section
Articles

References

Abdul, Malik. 2012. Pengembangan Model Pendidikan Anti Korupsi Di Sekolah Dasar Dengan Media Komik, Jurnal Pytagoras. volume 3. tahun 2012.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Atika.2013. Aplikasi media wayang jawa dengan tokoh punakawan dalam meningkatkan penguasaan kosa kata anak. UPI Press
Baharudin dan Wahyuni, 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ruzz Media.
Bell, H. 1991. Teaching and Learning Matematics (In Secondary School). Iowa: Wm C. Brown Company.
Buchori, Ahmad. 2014. pengembangan bahan ajar matematika berbasis FlipBookmaker untuk membangun peserta didik yang cerdas dan berkarakter. Jurnal Aksioma. volume 6. tahun 2014.
Gagne, A. 2008. Constructivism and Peer Collaboration in Elementary Mathematic Education: The Connection to Estimology. Eurasia Journal of Mathematics, vol. 4, no.4, 381-386.
Gagne et al. 1983. The Effectiveness of Mastery Learning Strategies in Undergraduate Educations Courses. Journal of Educational Research, vol.76, No. 4, 210-214.
Hudojo, H. 1998. Mengajar Belajar. Jakarta: Depdikbud
Noviana, Dini. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Humanistik Berideologi Pancasila Berbasis Konstruktivis menggunakan ICT di SMP. Jurnal Aksioma. volume II. tahun 2012.
Isjoni, Ismail, dan Mahmud. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hadi, Syaipul. 2008. Pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan menggunakan media komik pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 08 Malang, simposium nasional penelitian pendidikan Jakarta.
Kurniasih, Eem.2014. Analisis tingkat kepuasan mahasiswa terhadap tutorial online mata kuliah dasar-dasar matematika dan sains. UNNES Press
Kertajaya, 1999. Relational Understanding and Instrumental Understanding. In character Teaching, No. 77
Martono. 2007. Strategi pendidikan seni lukis di sanggar Pratista Yogyakarta untuk anak usia dini. UNY press
Mulyana, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.
Muijs dan Reynold. 2008. Effective Teaching: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Piaget, J. 1973. The Child and Reality (W. Mays, Trans). London: Routledge & Kegan Paul.
Samsudi. 2009. Disain Penelitian Pendidikan. Semarang : UNNES PRESS.
Schramm, 1984. Media Besar Media Kecil, Alat dan Teknologi untuk Pengajaran, Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No. 5. IKIP Semarang.
Syadely, M. 2003. Psikologi Belajar. Semarang: Laboratorium Komputer Pasca Sarjana UNNES.
Surtino, C. 2003. The comic of clamat; the use of comic as a linguistic mediator (prosiding internasional UNIPA)
Plomp. 1978. Characteristic building of Constructivist Learning and Teaching. http:www.stemnet.nf.ca (26/11/2009).
Tiedth, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi.