KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS BERDASARKAN TINGKAT BERPIKIR GEOMETRI PADA MODEL PBL PENDEKATAN VAN HIELE

Main Article Content

M. Detalia Noriza
Kartono Kartono

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis tiap tingkat berpikir geometri pada model PBL pendekatan Van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi kualitatif dan kuantitatif tipe concurrent triangulation. Teknik pengambilan sampel penelitian kuantitatif yaitu simple random sampling dimana penelitian mengunakan satu kelas eksperimen dengan model PBL pendekatan Van Hiele dan satu kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Teknik pemilihan subyek penelitian kualitatif yaitu non-probability sampling, dimana pengambilan subyek berdasarkan tingkat berpikir geometri Van Hiele. Model PBL pendekatan Van Hiele efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis. Kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis tiap tingkat berpikir geometri Van Hiele bervariasi. Peserta didik tingkat 0 (visualisasi) kurang mampu memahami masalah. Peserta didik tingkat 1 (analisis) dapat memahami masalah tapi tidak dapat menyusun rencana penyelesaian dengan baik. Peserta didik tingkat 2 (deduksi informal) dapat memahami, menyusun rencana, melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan baik tapi tidak dapat mengecek hasil. Peserta didik tingkat 3 (deduksi) dapat memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan mengecek hasil dengan baik. Disposisi matematis secara keseluruhan pada tiap tingkat berpikir geometri dengan model PBM pendekatan Van Hiele termasuk pada kategori tinggi.

Article Details

How to Cite
Noriza, M. D., & Kartono, K. (2017). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS BERDASARKAN TINGKAT BERPIKIR GEOMETRI PADA MODEL PBL PENDEKATAN VAN HIELE. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 347-355. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21608
Section
Articles

References

Abdullah, A. H, dan E. Zakaria. 2013. Enhancing Students’ Level of Geometric Thinking Through Van Hiele’s Phase-based Learning. Indian Journal of Scienceand Technology. Vol. 6(5). Tersedia http://www.indjst.org/index.php/ indjst/article/view/33243/27546. Diakses 01-02-2015.
Abu, M. S, dan Abidin, Z. Z. 2013. Improving the Levels of Geometric Thinking of Secondary School Students Using Geometry Learning Video based on Van Hiele Theory. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE). Vol.2, No.1, Hal. 16-22.
Anderson, J. 2009. Mathematics Curriculum Development and the Role of Problem Solving. ACSA Conference.
Burger, W.F. dan Shaughnessy, J.M.. 1986. Characterizing the van Hiele Levels of Development in Geometry. Journal for Research in Mathematics Education. Vol.17, No. 1, Hal. 31-48.
Clowley, M. L. 1987. The van Hiele Model of the Development of Geometric Thought. Learning and Teaching Geometry, K-12, Yearbook of the Nasional Council of Teachers of Mathematic. Hal. 1-16.
Fatade, A.O. 2012. Investigating The Effectiveness of Problem-Based Learning in The Further Mathematics Classrooms. Disertasi. University of South Africa.
Fuys, D., D. Geddes dan R. Tischler. 1988. The Van Hiele Model of Thinking in Geometry among Adolescents. Journal for Research in Mathematics Education. Vol. 3. Hal. 1-196.
Khoiriyah, Sutopo, dan Aryuna, D. R. 2013. Analisis Tingkat Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi. Vol.1, No.1, Hal. 18-30.
Mariani, S. Wardono dan E.D. Kusumawardani. 2014. The Effectiveness of Learning by PBL Assisted Mathematics Pop Up Book Againts The Spatial Ability in Grade VIII on Geometry Subject Matter. Internasional Journal of Education and Research. Vol. 2, No. 2, Hal. 531-548.
Muhassanah, N. I. Sujadi, dan Riyadi. 2014. Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol.2, No.1, hal 54 – 66.
NCTM. 1989. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA : NCTM.
Polya. 1973. How To Solve It, Second Edition. New Jersey: Princeton University Press.
Padmavathy, R.D dan Mareesh, K. 2013. Efectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. Internasional Multidiciplinary e-Journal. Vol. II, Issue. 1, Hal. 45-51.
Pradnyana, P. B, Marhaeni, A.A.I.N, dan I. Made. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 1.
Rahayu. R, dan Kartono. 2014. The Effect of Mathematical Disposition toward Problem Solving Ability Based On IDEAL Problem Solver. International Journal of Science and Research (IJSR). Volume 3 Issue. 1315-1318.
Republik Indonesia. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara.
Shadiq, F. 2009. Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.
Usiskin, Z. 1982. Van Hiele Levels and Achievement in Secondary School Geometry. Chicago: University of Chicago.
Walle, J.A. 1994. Elementary School Mathematics: Teaching Developmentally. New York: Longman.