Keefektifan Pembelajaran Kooperatif TSTS dengan Bermain Peran Terhadap Kemampuan Literasi Matematika

Main Article Content

Ika Fitriyani
Qomarul Hana Afriana

Abstract

Kemampuan literasi matematika siswa di Indonesia masih rendah.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran TSTS dengan Bermain Peran efektif terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas XI MIA MAN 2 Kudus pada materi barisan dan deret. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA MAN 2 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini dipilih dua kelas sampel yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model TSTS dengan Bermain Peran dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pendekatan scientific. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi dan TKLM. Analisis data akhir menggunakan uji rata-rata, uji perbedaan dua rata-rata, uji proporsi dan uji perbedaan dua proporsi. Hasil analisis data akhir diperoleh bahwa: (1) rata-rata kemampuan literasi matematika siswa pada kelas eksperimen mencapai KKM individual; (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; (3) proporsi siswa pada kelas eksperimen mencapai KKM klasikal; dan (4) proporsi siswa pada kelas eksperimen yang mencapai KKM lebih baik dari pada kelas kontrol. Simpulan yang diperoleh adalah pembelajaran TSTS dengan Bermain Peran efektif terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas XI MIA MAN 2 Kudus pada materi barisan dan deret.

Article Details

How to Cite
Fitriyani, I., & Afriana, Q. H. (2017). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif TSTS dengan Bermain Peran Terhadap Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 248-256. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21609
Section
Articles

References

Creswell, John. W. 2008. Educational Research. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kilgour, P.W. et al. 2015. Role-Playing as a Tool to Facilitate Learning , Self Reflection and Social Awareness in Teacher Education Role-Playing as a Tool to Facilitate Learning, Self Reflection and Social Awareness in Teacher Education. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research, 2(4), 8-20. ISSN: 1839-9053 (2015).
Lestari, Barkah. 2008. Peningkatan Kualitas Pebelajaran dengan Model Cooperative Learning. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Diakses dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/595 pada tanggal 10 Oktober 2016.
Mahdiansyah, M., & Rahmawati, R. 2015. LITERASI MATEMATIKA SISWA PENDIDIKAN MENENGAH: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 452-469.
Maonde, F., Bey, A., & Salam, M. 2015. The Discrepancy of Students’ Mathematic Achievement through Cooperative Learning Model, and the ability in mastering Languages and Science. International Journal of Educational and Research, 3(1), 141-159.
OECD. 2010. Mathematics Framework: Draft Subject to Possible revision after the Field Trial. Diakses dari http://www.oecd.org.pdf pada tanggal 23 Januari 2013.
Saputra, V.H. & Subanti, S. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa SMP Kelas VIII di Kabupaten Sleman Tahun Pelajaran 2013/2014. Surakarta: UNS.
Sulisworo, D., Suryani, Fadiyah. 2014. The Effect of Cooperative Learning, Motivation and Information Technology Literacy to Achievement. International Journal of Learning & Development, 4(2), 58-64. Diakses dari http://dx.doi.org/10.5296/ijld.v4i2.4908 pada tanggal 28 September 2016.
Tsay, M. & Brady, M. 2010. A case study of cooperative learning and communication pedagogy : Does working in teams make a difference? Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 10(2), 78-89.
Uno, Hamzah. 2009. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wardono. 2013. Peningkatan Literasi Matematika Melalui Pembelajaran Inovatif Berpenilaian Programme for International Student Assessment. Prosiding Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan.
Wardono. 2014. The Realistic Learning Model With Character Education And PISA Assesment To Improve Mathematics Literacy. International Journal of Education and Research. Vol.2 No. 7; 2014 diunduh dari http://www.ijern.com/journal/July-2014/30.pdf pada tanggal 4 Juni 2016.
Wardhani, S., Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: P4TK Matematika.
Yogaswara, Bismar. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (Tsts) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X-1 Sma Negeri 1 Purwosari Kompetensi Dasar Menganalisis Hidrosfer Semester Genap 2011/2012. Skripsi Universitas Negeri Malang. Diakses dari di: http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikel9DB8A2AD8497F61E2C5AC110 690968AB.pdf tanggal 30 September 2016.