Penalaran Matematis dan Kerja Keras Siswa Pembelajaran Matematika Berorientasi Teori APOS Berbantuan Permainan Monopoli

Main Article Content

Yoga Wicaksana

Abstract

Berdasarkan pengalaman mengajar, ditemukan fakta bahwa proses belajar mengajar masih kurang dalam bagian penalaran. Siswa masih mengacu pada hafalan rumus dalam menyelesaikan masalah matematika, dan kurang memiliki karakter kerja keras ketika menemui permasalahan dengan variasi yang berbeda. Selain itu siswa cenderung banyak bermain dibandingkan belajar baik di rumah maupun di sekolah. Tuntutan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa akan dapat memacu guru untuk berinovasi dan berkreasi dengan menerapkan permainan dalam pembelajaran. Salah satu teori pembelajaran yang dapat mengajak siswa untuk beraktivitas dalam bernalar dan peningkatan karakter kerja keras adalah teori APOS. Berdasarkan uraian tersebut, maka tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui langkah/strategi serta metode apa yang bagus dan cocok untuk meningkatkan penalaran matematis siswa dan karakter kerja keras. Hasil dan pembahasan menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika berorientasi teori APOS berbantuan permainan dapat meningkatkan penalaran matematis siswa dan karakter kerja keras.

Article Details

How to Cite
Wicaksana, Y. (2017). Penalaran Matematis dan Kerja Keras Siswa Pembelajaran Matematika Berorientasi Teori APOS Berbantuan Permainan Monopoli. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 305-311. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21616
Section
Articles

References

Arnon, I. dkk.2014. A Framework for Researchand Curriculum Developmentin Mathematics Education. New York: Springer
Arwana, I. M. 2009. Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa dalam Memvalidasi Bukti pada Aljabar Abstrak melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS. JURNAL MATEMATIKA DAN SAINS, JUNI 2009, VOL. 14 NO. 2
Gunawan, H. 2012. Pendidikan karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung : Alfa Beta
Khatimah, H. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berdasarkan Teori Apos (Action, Processe, Object, Shceme) untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika. Edu-Sains Volume 4 No. 2, Juli 2015 ISSN 2301 833X
Lestarianingsih, Y. 2015. Pengembangan Lembar Aktivitas Mahasiswa Topik Turunan berdasarkan Teori Apos. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun III, No. 1 Juni 2015
Novalita, Y. dkk. 2013. Monas (Monopoli Asli Indonesia) Sebagai Media Bermain Untuk Membentuk Karakter Anak Cinta Indonesia. DIKTI Prosiding Elektronik (e-Proceedings) PIMNAS PKM - Karsa Cipta
Ruseffendi. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito
Shadiq, F. 2004. Penalaran, Pemecahan Masalah, dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Depdiknas
Sumardoyono. 2004. Karakteristik Matematika dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Depdiknas
Tall, D. 1999. Reflections on APOS theory in Elementary and Advanced Mathematical Thinking. Israel : O. Zaslavsky (Ed) Proceedings of the 23rd Conference of PME, Israel, 111 – 118
Wardhani, S. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta : PPPPTK Matematika