Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 5 Semarang

Main Article Content

Henita Henita
Mashuri Mashuri
Margana Margana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis (2) meningkatkan rasa ingin tahu siswa dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan 2 siklus. Masing – masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 5 Semarang yang berjumlah 33 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan rasa ingin tahu siswa dengan menggunakan Model PBL pada materi statistika di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 5 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis melalui penerapan model problem based learning. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis berbentuk uraian diberikan pada setiap akhir siklus. Lembar observasi digunakan untuk  mengetahui rasa ingin tahu siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari 74,70% pada siklus I menjadi 89,77% pada siklus II, (2) rasa ingin tahu siswa meningkat dari 57,95% pada pertemuan pertama siklus I menjadi 85,91% pada pertemuan kedua siklus II. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model PBL siswa kelas XII IPA SMA Negeri 5 Semarang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis kriteria tinggi dan memiliki rasa ingin tahu kriteria sedang.

Article Details

How to Cite
Henita, H., Mashuri, M., & Margana, M. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 5 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 79-83. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28875
Section
Articles

References

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017).Matematika SMP/MTs Kelas VIII Buku Guru. Jakarta: Kemdikbud.
Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemdiknas.
Rochmad, Muhammad Kharis, Arief Agoestanto. (2018). Keterkaitan Miskonsepsi dan Berpikir Kritis Aljabaris Mahasiswa S1 Pendidikan Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 216-224.
Suwandi, Sarwiji. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan KaryaIlmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 13.