Efektivitas Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII pada Problem Based Learning Bertema

Main Article Content

Rizki Nur Amalia
Rochmad Rochmad
Muhammad Kharis

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Indikator kreativitas matematis yang digunakan: fluency, flexibility, elaboration, dan originality. Tujuan penelitian ini: mengetahui efektivitas problem based learning bertema dalam kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 37 Semarang. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dengan  uji t, uji z, dan data N-gain. Hasil penelitian menunjukkan problem based learning bertema efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII.

Article Details

How to Cite
Amalia, R. N., Rochmad, R., & Kharis, M. (2019). Efektivitas Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII pada Problem Based Learning Bertema. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 185-189. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28909
Section
Articles

References

Aizikovitsh-Udi, E. (2014). The Extent of Mathematical Creativity and Aesthetics in Solving Problems among Students Attending the Mathematically Talented Youth Program. Creative Education, 5,228-241.
Anwar, M. N., Aness, M., Khizar, A., Naseer, M., & Muhammad, G. (2012). Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School Students. International Interdisciplinary Journal of Education, 1(3), 44-47.
Choridah, D. T. (2013).Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 194-202.
Fardah, D. K., Suyitno, H., & Rochmad. (2012). Analisis Proses Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Open-Ended. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(2), 83-88.
Firdaus, As’ari, A. R., & Qohar, A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Open Ended pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan, 1(2), 227—236.
Florida, R., Mellander, C., & King, K. (2015). The Global Creativity Index. Toronto: Martin Property Institute
Happy, N. & Widjajanti, D. B. (2014). Keefektifan PBL Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, serta Self-Esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 48-57.
Herman, T. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist ,1(1), 47-56.
Istianah, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 43-54.
Istiqomah, F., Rochmad, & Winarti, E .R. (2017). Analysis of Grade Students Inductive Reasoning Skill in PBL-Bertema Model Towards Responsibility Character. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(3), 345-351.
Kattou,M., Kontoyianni, K., & Christou, C. (2009). Mathematical Creativity Through Teachers Perceptions. In Tzekaki, M., Kaldrimidou, M. & Sakonidis, H. Proceedings of the 33rd Conference of theInternational Group for the Psychology of Mathematics Education (Vol. 1, pp. 297-304). Thessaloniki, Greece: PME.
Khoiri, W., Rochmad, & Cahyono, A. N. (2013). Problem Based Learning Berbantuan Multimedia dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Journal of Mathematics Educatiaon, 2(1), 114-121.
Konita, M., Sugiarto, & Rochmad. (2017). Analysis of Students Ability on Creative Thinking Aspects in terms of Cognitive Style in Mathematics Learning with CORE Model Using Constructivism Approach. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 63-70.
Mahmudi, A. (2008). Tinjauan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika. Pythagoras, 4(2), 37-49.
McWilliam, E. & Dowson, S. (2008). Teaching for Creativity: Towards Sustainable and Replicable Pedagogical Practice. Higher Education, 56(6), 633-643.
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Arora, A. (2012). TIMSS 2011 International Results in Mathematics. USA: TIMSS & PIRLS International Study Center.
Murniati, S., Mulyono, & Kharis, M. (2017). PBL Learning using Working Backward Strategies to Improve Mathematical Problem Solving Ability. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 27-36.
Murtikusuma, R. P. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Model Problem-Based Learning untuk SMK Perkebunan Bertemakan Kopi dan Kakao. Pancaran, 5(4), 51-60.
Nanang, A. (2016). Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 171-182.
Noer, S. H. (2011). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 104-111.
OECD. (2012). PISA 2012 Results in Focus: What 15YearOlds Know and What They Can Do Alt What They Know. OECD Publishing.
Padmavathy, R. D. &Mareesh, K. (2013). Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary e-Journal, 2(1), 45-51.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah.
Pranawestu, A., Kharis, M., & Mariani, S. (2012). Keefektifan Problem-Based Learning Berbantuan Cabri 3d Berbasis Karakter Terhadap Kemampuan Spasial. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2), 1-6.
Putra, T. T., Irwan, & Vionanda, D. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 22-26.
Rahmaniati, E. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Motivasional dengan Permainan Kartu Bertema Protista pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-12.
Saputro, D. A., Masrukan, & Agoestanto, A. (2017). Mathematical Communication Ability by Grade VII Students Using a Themed Problem Based Learning with Scaffolding on Rectangle Materials. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 239-248.
Shen, T. & Lai, J. C. (2014). Exploring the Relationship between Creative Test of ATTA and the Thinking of Creative Works. Procedia - Social and Behavioral Science, 112(2014), 557 – 566.
Sriraman, B., Haavold, P. & Lee, K. (2013). Mathematical Creativity and Giftedness: A Commentary on and Review of Theory, New Operational Views, and Ways Forward. ZDM Mathematics Education, 45, 215–225.
Sudiarta, I G. P. (2007). Pengembangan Pembelajaran Berpendekatan Tematik Berorientasi Pemecahan Masalah Matematika Terbuka untuk Mengembangkan Kompetensi Berpikir Divergen, Kritis, dan Kreatif. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(63), 1004-1024.
Sugilar, H. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 156-168.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi Universitas Jember, 1(1), 5-9.
Wijaya, L., Rochmad, & Agoestanto, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas VII Ditinjau dari Tipe Kepribadian Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2), 84-91.
Yahya, M. I. & Ekawati, R. (2016). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas VIII pada Materi Perbandingan dan Proporsi serta Alternatif Penyelesaiannya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5), 283-289.
Yunianta, T. N. H., Rusilowati, A., & Rochmad. (2012). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Implementasi Project-Based Learning dengan Peer and Self-Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 81-86.