KONTRIBUSI ETNOMATEMATIKA SEBAGAI MASALAH KONTEKSTUAL DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI MATEMATIKA

Main Article Content

yohanes kehi
zaenuri m
budi waluya

Abstract

 


Pesatnya perkembangan sains dan teknologi yang semakin kompleks menuntut sumber daya manusia responsif terhadap segala perubahan dan kritis terhadap permasalahan yang dihadapi. Untuk itu, kurikulum pendidikan harus mampu membangun sikap dan karakter kuat dari peserta didik agar tetap menjaga jati diri, kehormatan keluarga, dan kebanggaan bangsa tanpa harus merasa tertinggal dari negara lain. Kurikulum juga harus bersifat terbuka artinya memberi peluang kepada daerah dan satuan pendidikan untuk memperkaya kurikulum sesuai dengan karakteristik daerah atau satuannya. Karakteristik daerah mencakup nilai budaya yang penting untuk ditanamkan pada setiap individu sejak dini, agar setiap individu mampu lebih memahami, memaknai, dan menghargai serta menyadari pentinganya nilai budaya dalam menjalankan setiap aktivitas kehidupan. Hal ini memunculkan suatu praktik budaya yang disebut dengan etnomatematika. Etnomatematika merupakan salah satu bidang kajian matematika yang diterapkan oleh kelompok budaya tertentu. Etnomatematika juga menawarkana pembelajaran berbasis budaya lokal sehingga peserta didik sekaligus dapat mengenal dan mendalami budaya yang dimiliki oleh bangsanya. Etnomatematika menyediakan lingkungan pembelajaran yang menciptakan motivasi yang baik dan lebih menyenangkan sehingga siswa memiliki minat yang besar dalam mengikuti pembelajaran matematika yang diharapkan dapat mempengaruhi kemampuan matematika mereka, khususnya kemampuan literasi matematika.

Article Details

How to Cite
kehi, yohanes, m, zaenuri, & waluya, budi. (2019). KONTRIBUSI ETNOMATEMATIKA SEBAGAI MASALAH KONTEKSTUAL DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI MATEMATIKA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 190-196. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28911
Section
Articles

References

D’Amborsio, U.(1985). “Ethnomathematics and Its Place in the History And Pedagogy of Mathematics”. For the Learning of Mathematics Journal. Vol 5(1), 44-48
Draft Mathematics Framework. (2013). https://www.oecd.org/pisa
Fajriyah, E. 2018. “Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi”. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Vol 1
Irawan, A.,& Kencanawaty, G. (2017). “Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika”. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. 1 (2) 74-81
Jufri, L. H. (2015). “Penerapan Double Loop Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Level 3 pada Siswa Kelas VIII SMPN 27 Bandung”. LEMMA. Vol II No. 1.
Khikmiyah, F & Midjan. (2016). “Pengembangan Buku Ajar Literasi matematikaa untuk Pembelajaran di SMP”. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya. Universitas Muhammadiyah Gresik. Vol. 1, No.2.
Maryanti. (2012). Peningkatan Literasi Matematika Peserta didik Melalui Pendekatan Metacognitive Guidance. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Maulana, A. (2014). “Penerapan Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Tingkat SMP”.(Online),(www.academia.edu/18090110).
Muhtadi, D., Sukirwan, Warsito, Prahmana, R. C. I. (2017). “Sundanese Ethnomathematics: Mathematical Activities In Estimating, Measuring, And Making Patterns”. Journal on Mathematics Education. Volume 8. No. 2.
Mahdiansyah dan Rahmawati.(2014) “Literasi matematikaa Siswa Jenjang Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 20, No. 4, hlm. 455.
OECD. 2013b. PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do-Student Performance in Mathematics, Reading, and Science (Volume I), PISA, OECD Publishing. (Online). (http://dx.doi.org/10.1787/9789264201118-en, diakses 12 Oktober 2017)
Ojose, B. (2011). “Mathematics Literacy: Are We Able to Put the Mathematics We Learning Into Everyday Use?”. Journal of Mathematics Education 4(1), 89-100
Sirate, S. F. (2011). Studi Kualitatif Tentang Aktivitas Etnomatematika dalam Kehidupan Masyarakat Tolaki. Jurnal Lentera Pendidikan. Vol. 14, (2).
Thomson, S., .Hilman, K & De Bortoli, L. (2013). A Teacher’s Guide to PISA Mathematical Literacy Australia: ACER Press.