PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK-PAIR-SHARE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 6 SEMARANG PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Article Content

I Dewa Putu Putra Wira Dharma
E Pujiastuti
M Harianja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan karakter percaya diri peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 6 Semarang melalui penerapan model pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes kemampuan komunikasi, angket percaya diri, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan selanjutnya diolah dengan analisis secara deskriptif. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran TPS adalah sebagai berikut: (1) persentase ketuntasan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada siklus I adalah 58% dengan rata-rata nilai 73,1 (kriteri tinggi) dan pada siklus II meningkat menjadi 86% dengan rata-rata nilai 83,0 (kriteria sangat tinggi). Rata-rata skor karakter percaya diri peserta didik pada siklus I adalah 69,61 dengan kategori tinggi mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 76,22 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TPS meningkatkan kemampuan komunikasi matematis serta percaya diri peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Semarang tahun pelajaran 2018/2019.

Article Details

How to Cite
Wira Dharma, I. D. P. P., Pujiastuti, E., & Harianja, M. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK-PAIR-SHARE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 6 SEMARANG PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 239-246. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28918
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksara
Hartini, dkk. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP”. Kreano 7 (2): 131-135. p-ISSN: 2086-2334; e-ISSN: 2442-4218. Tersedia pada: [diunduh pada 20 Maret 2018]
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Muhamad, Nurdin. 2016. “Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa”. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol. 09; No. 01; 9-22. ISSN : 1907-932X. Tersedia pada: https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/download/83/85 [diunduh pada 21 Maret 2018]
National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: Library of Congress Cataloguing-in-Publication
Nurhikmah, dkk. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Palu” e-Jurnal Mitra Sains, Volume 4 Nomor 4, Oktober 2016 hlm 92-101. ISSN: 2302-2027. Tersedia pada: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/MitraSains/article/download/7040/5671 [diunduh pada 20 Maret 2018]
Putri, L dkk. 2017. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Kelas X pada Pembelajaran Geometri Model Van Hiele Ditinjau dari Gaya Kognitif”. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1); 07-107. p-ISSN : 2252-6927 e-ISSN : 2460-5840. Tersedia pada: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/12643/7555 [diunduh pada 24 Maret 2018]
Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara
Wahyuningrum, Endang & Suryadi, Didi. 2014. “Association of Mathematical Communication and Problem Solving Abilities: Implementation of MEAs Strategy in Junior High School”. SAINSAB Vol. 17, pp 38-50. ISSN 1511 5267. Tersedia pada : http://repository.ut.ac.id/4580/1/2015-dn-012-endangw.pdf [diunduh pada 23 Maret 2018]