PENGEMBANGAN MODUL DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS

Main Article Content

Muhammad Rizqi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui modul dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) yang telah dikembangkan mampu diterapkan pada saat pembelajaran berlangsung dan mengetahui apakah produk modul yang telah dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa yang didasari oleh skor pre test  dan  post test pada kelas eksperimen serta kelas control. Metode pengembangan yang digunakan adalah model Thiagarajan yaitu pendefinisian, perencanaan dan pengembangan. Modul pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik dengan menggunakan subjeknya yaitu  siswa kelas VII di MTS Islamic Center Cirebon dengan sampel kelas VII C sebagai kelas control dan kelas VII D sebagai kelas Esperimen.


Hasil penelitian menyimpulkan bahwa modul dengan pendekatan pendidikan matematika realistik yang telah dikembangkan telah divalidasi oleh ketiga validator ahli dengan memperoleh penilaian gabungan dari ketiga validator yaitu 90,00%, maka tingkat validasi modul dapat dinyatakan sangat valid sehingga modul dapat digunakan selama proses pembelajaran berlangsung dan berdasarkan hasil pretest dan posttest, Uji Gaint dan Uji Independent sampel T-test, maka diperolehlah bahwa modul dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis. Sehingga modul dengan pendekatan pendidikan matematika realistik dapat menjadi solusi yang tepat di era disrupsi terutama untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa.

Article Details

How to Cite
Rizqi, M. (2019). PENGEMBANGAN MODUL DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 330-336. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28947
Section
Articles

References

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Al-Tabany, dan Trianto 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Daryanto dan Dwicahyono, A. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Faisal, A. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Pokok Bahasan Perbandingan di Kelas VII SMP.

Mastuti, G, A. 2015. Peningkatan Pemahaman dan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru dengan Konstruksi Mental Apos dalam Era Persaingan Global dan Sains.

Muchayat. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Strategi IDEAL Problem Solving Bermuatan Pendidikan Karakter.

Murdani, Rahmah, dan Turmudi. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Penalaran Geometri Spasial Siswa di SMP Negeri Arun Lhokseumawe.

Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar.

Shoffa, S. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan PMR pada Bahasan Jajargenjang dan Belah Ketupat. UM Surabaya.

Zarkasyi, W. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: PT Refika Aditama.
).