Optimalisasi Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan E-Comic Math

Main Article Content

Bernika Rahmania Nalurita
Adi Nurcahyono
Walid Walid
Wardono Wardono

Abstract

Matematika tumbuh dan berkembang sebagai jasa layanan untuk pengembangan ilmu-ilmu yang lain sehingga mata pelajaran matematika ditempatkan dalam prioritas pertama. Dalam perkembangannya, ilmu matematika harus didampingi dan berbanding lurus dengan generasi penerus yang berpotensi. Dengan demikian siswa dituntut untuk kemampuan dan keterampilan dalam bidang matematika. Salah satu kemampuan yang terlibat penting yaitu kemampuan pemecahan masalah. Dimana kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki harus dioptimalisasi untuk mencapai pada kemampuan pemecahan masalah yang baik. Untuk mendukung lingkungan belajar yang baik dimana peserta didik mampu memecahkan masalah secara matematis sangat diperlukan penggunaan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran inovatif yang berpeluang untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah Problem Based Learning (PBL). PBL membantu dalam meningkatkan konektivitas, pengumpulan data, elaborasi, dan komunikasi informasi yang akan berdampak dalam proses pemecahan masalah yang baik. Untuk menunjang sebuah pembelajaran matematika menjadi lebih menyenangkan dibutuhkan pula sebuah media pembelajaran yang baik dan terkini. E-Comic Math adalah media pembelajaran yang berbentuk menyerupai komik dan di dalamnya berisi unsur pendidikan yang meliputi materi matematika yang telah disesuaikan dengan keadaan lingkungan dan kebutuhan siswa. E-Comic Math berupa media pembelajaran yang berbentuk elektronik yang dapat digunakan siswa sebagai sumber belajar bagi siswa di kelas maupun belajar secara mandiri. Terkait dengan permasalahan yang ada, makalah ini akan menjawab beberapa hal yang berkaitan dengan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan E-Comic Math.

Article Details

How to Cite
Nalurita, B. R., Nurcahyono, A., Walid, W., & Wardono, W. (2019). Optimalisasi Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan E-Comic Math. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 395-402. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28962
Section
Articles

References

Abdul Majid. 2005. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Alcantara,C., Marie, Joana P.,Basca.2017. “Critical Thinking and Problem Solving Skills in Mathemtics of Grade-7 Public Secondary Students”.Asia Pasific Journal of Multidisciplinary Research, 5 (4)
Bikic, Naida et al.2016. “The Effects Of Differentiation Of Content In Problem-Solving In Learning Geometry In Secondary School”. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(11):2783-2795.
Chao,Jen Yi., Tzeng., Po, Hsin Yu.2017. “The Study of Problem Solving Process of E-book PBL Course of Atayal Senior High School Students in Taiwan”. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(3):1001-1012.
Hamdani. 2011.Strategi Belajar Mengajar.Bandung:CV. PustakaSetia.
Hendriani, B.F,Masrukan.,I.Junaedi. 2017. “Problem Solving Ability and Student Independence Viewed from Cognitive Style on 4K Learning Model”. Unnes Journal of Mathematics Education 6 (1).
Nasution,M K et al.2018. “Students’ Mathematical Problem-Solving Abilities Through The Application of Learning Models Problem Based Learning”. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering (335 )012117.
Mahmudi. 2015. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Garis Singgung Lingkaran Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Solving. Jurnal PINUS, 2 (1)
Netriwati.2016. “Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Pemecahkan Masalah Matematis menurut Teori Polya. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 7(2): 181 – 190.
Nida,Izza Khoirin., Buchori, Achmad., Murtianto. Yanuar Hery. 2017. Pengembangan Comic Math Dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Meteri Kubus Dan Balok Di Smp. Aksioma 8 (1)
Tsai, Shang Te.2018. Design of Intelligent Comic Make System for Educational
Application Based on Comic Script Creation. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education 14(3):1023-1041
Suherman, E et al. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kotemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.