Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah

Main Article Content

Arfika Riestyan Rachmantika
Wardono Wardono

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu penentu maju mundurnya peradaban suatu bangsa. Oleh karena itu, di zaman modern ini pendidikan memegang peranan penting dalam menciptakan generasi-generasi bangsa yang mampu mengimbangi laju perkembangan ilmu pengetahuan, tak terkecuali bidang ilmu matematika. Bidang ilmu matematika yang berkembang tak hanya matematika itu sendiri namun juga pembelajaran di dalam kelas. Berkembangnya pembelajaran matematika, diikuti dengan tuntutan meningkatnya kemampuan dan keterampilan dalam pembelajaran matematika. Salah satu kemampuan yang terlibat dalam pembelajaran matematika yaitu kemampuan Berpikir Kritis. Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah mengarah pada kemampuan berpikir secara kritis, lateral, dan sistemik, terutama dalam konteks pemecahan masalah. Kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama yakni mampu berkomunikasi dan berkolaborasi secara efektif dengan berbagai pihak. Kemampuan mencipta dan membaharui berkaitan dengan mampunya seseorang dalam mengembangkan kreativitas yang dimilikinya untuk menghasilkan berbagai trobosan yang inovatif. Makalah ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan, bagaimana peran kemampuan berpikir kritis matematis dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran problem solving (pemecahan masalah)

Article Details

How to Cite
Rachmantika, A. R., & Wardono, W. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 439-443. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29029
Section
Articles

References

Amir, M. Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
BSNP, T. P. P. (2010). Paradigma pendidikan nasional abad XXI. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Model-model Pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Direktorat PSLB.
Fathani, A.H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah dalam Perspektif Multiple Intelligences, Jurnal EduSains, vol(4), no.2, 136-150.
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Terjemahan Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga.
Gunawan, Adi W. (2004). Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Jonassen, D. H. (2011). Learning to solve problem: A handbook for designing problem-solving learning environments. New York: Routledge.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Harsanto, Radno. (2005). Melatih Anak Berpikir Analitik, Kritis dan Kreatif. Jakarta: Gramedia.
Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian pembelajaran matematika. Bandung: Refika Aditama.
Majid, S. (2014). Analisis Tingkat Pendidikan dan Kemiskinan di Aceh. Jurnal Pencerahan. (8), 15-37.
Mahmudi, A. (2010). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah disajikan pada Konferensi Nasional Matematika XV UNIMA. Manado: Jurusan Pendidikan Matematika UNY.(Online). (http://staff.uny.ac.id)
Mahmudi, A. (2011). Problem Posing Untuk Menilai Hasil Belajar Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika “Matematika dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran”. Yogyakarta: UNY
Mukhadis, A. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran Bidang Teknologi. Malang: Bayumedia Publishing.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc
NCTM (2011). Focus in high school mathematics: Technology to support reasoning and sense making. Reston, VA: NCTM.
Paul, R. and L. Elder. (2007). The Miniature Guide to Critical Thinking Concepts and Tools.(Online). (www.criticalthinking.org, diakses 6-07-2018)
Perkins, C. and E. Murphy. (2006). Identifying and measuring individual engagement in critical thinking in online discussions: An exploratory case study. Educational Technology & Society, 9 (1), 298-307. (Online). (http://www.ifets.info/ journals/9_1/24.pdf, diakses 06-07-2018)
Setyawati, R.D. (2013). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem Based Learning Berorientasi Enterpreneurship dan Berbantuan CD Interaktif”. Prosiding Seminar Nasional Matematika 2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang.