Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII G Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Question Cards di SMPN 22 Semarang

Main Article Content

Yofa Muhammad Irsyad
Sulastri Sulastri
Isti Hidayah

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh temuan guru matematika kelas VII SMPN 22 Semarang mengenai rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII dirasa perlu ditingkatkan. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui model Discovery Learning berbantuan Question Cards. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VII G SMPN 22 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Materi yang digunakan adalah konsep operasi hitung bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan perpangkatan bentuk aljabar). Keberhasilan tes pemahaman konsep matematis penelitian ini jika memenuhi kriteria: (1) rata-rata nilai hasil tes pemahaman konsep matematis memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 71 dan (2) persentase siswa yang tuntas minimal 75% dari jumlah subjek penelitian. Rata-rata nilai hasil tes pemahaman konsep matematis pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 70,8 dan 75,5. Persentase siswa yang tuntas pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 68,8% dan 78,1%. Hal tersebut menunjukkan pada siklus II rata-rata nilai hasil tes pemahaman konsep matematis dan persentase siswa yang tuntas memenuhi kriteria. Jadi melalui model Discovery Learning berbantuan Question Cards, upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII G SMPN 22 Semarang dapat tercapai.

Article Details

How to Cite
Irsyad, Y. M., Sulastri, S., & Hidayah, I. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII G Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Question Cards di SMPN 22 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 466-472. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29032
Section
Articles

References

Basrowi, H.M. & Suwandi. (2008). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pengembangan Matematika. Malang: IKIP Malang.
Johar, R. (2014). Model-Model Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Kompetensi Matematis dan Karakter Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Banda Aceh.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
Perdana, D.D., Utomo, S.B., & Yamtinah, S. (2014). Upaya Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Materi Hidrokarbon Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Kartu Soal pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA N 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(1), 74-79.
Setyaningrum, V.F., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1, 810-813.
Suwarsi, Saputra, A.D., & Prabowo, A. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis dan Kerja Sama Siswa Kelas VIII F Melalui DL Berbantuan LKS Bertema. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1, 40-48.
Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.