Analisis Pengaruh Gaya Belajar Mata Kuliah Aritmatika (Jarimatika Dan Sempoa) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis

Main Article Content

Anwar Ardani
Dian Purwaningsih

Abstract

Aritmatika merupakan salah satu mata kuliah dalam kurikulum jurusan PGSD yang mengintegrasikan sektor pendidikan dengan sektor pelatihan yang sangat diperlukan dalam dunia kerja khususnya bagi calon guru sekolah dasar. Aritmatika mengenalkan lebih lanjut metode dan teknik berhitung pada operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Metode dan teknik berhitung pada matakuliah aritmatika menggunakan jari (jarimatika) dan alat hitung sempoa yang digunakan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini bersifat konklusif yang mana bertujuan menjelaskan pengaruh antar variabel yang dibedakan menjadi variabel independen sebagai variabel penyebab dan variabel dependen sebagai variabel yang menjadi akibat. Dalam penelitian ini dilakukan analisis untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis, dan uji analisis regresi untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis diperoleh F = 73,104 dengan sig 0,00 < 0,05, besarnya pengaruh dapat dilihat dari nilai Rsquare = 0,630 = 63% dan bentuk persamaan regresi yaitu . Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis mahasiswa.

Article Details

How to Cite
Ardani, A., & Purwaningsih, D. (2019). Analisis Pengaruh Gaya Belajar Mata Kuliah Aritmatika (Jarimatika Dan Sempoa) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 490-497. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29041
Section
Articles

References

Ballone, L. M. & Czerniak, C. M. (2001). Teacher’s beliefs abut accommodating students’ learning styles in science classes [Electronic version]. ElectronicJournal of Science Education, 6(2), 1-41.
Deporter, B, & Hernacki, M. (2015). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : Kaifa.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics, Reston, Virginia.
Ramlah, Dani Firmansyah, & Hamzah Zubair. (2014). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 68-75.
Suprapto, Tommy. (2009). Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: Medpress
Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.