Integrasi Etnomatematika pada Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Saintifik Untuk Menstimulasi Berpikir Logis Siswa SMP

Main Article Content

Miftakhudin Miftakhudin
Riawan Yudi Purwoko
Dita Yuzianah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul etnomatematika dengan pendekatan saintifik untuk menstimulasi berpikir logis siswa SMP. Selain itu, untuk mengetahui kelayakan e-modul dilihat dari 3 kriteria yaitu valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Metode yang digunakan untuk  mengumpulkan  data  adalah  angket respon dan tes hasil belajar. Instrumen yang digunakan adalah lembar kevalidan, angket respon, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kelayakkan. Setelah dilakukan analisis kelayakan, penilaian kevalidan produk memperoleh skor rata-rata 3,3 memenuhi kriteria valid, penilaian kepraktisan memperoleh persentase sebesar 86,5% memenuhi kriteria sangat positif sehingga dikatakan praktis, dan penilaian keefektifan memperoleh persentase sebesar 82,7% sehingga dikatakan efektif. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa, e-modul etnomatematika dengan pendekatan saintifik untuk menstimulasi berpikir logis siswa SMP layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika.

Article Details

How to Cite
Miftakhudin, M., Purwoko, R. Y., & Yuzianah, D. (2019). Integrasi Etnomatematika pada Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Saintifik Untuk Menstimulasi Berpikir Logis Siswa SMP. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 510-515. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29046
Section
Articles

References

Andriawan, B. & Budiarto, M. T. (2014). Identifikasi Kemampuan Berpikir Logis dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoarjo. Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(2), 43.
Astuti, E. P. & Purwoko, R. Y. (2017). Integrating Ethnomormathematics in Mathematical Learning Design for Elementary Schools. 4th ICRIEMS Proceedings Published by The Faculty of Mathematics and Natural Sciences Yogyakarta State University. 192-197.
Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kaul, V. (2012). Globalisation and Crisis of Cultural Identity. Journal of Research in International Business and Management. 13(2), 341-344.
Kusmaryono, I. & Suyitno, H. (2016). The Effect of Constructivist Learning Using Scientific Approach on Mathematical Power and Conceptual Understanding of Students Grade IV. Journal of Physics: Conference Series. 3.
Ogunkunle, R. A. & George, N. R. (2015). Integrating Ethnomormathematics Into Secondary School Mathematics Curriculum for Effective Artisan Creative Skill Development. European Scientific Journal. 11(3), 387.
Usdiyana, D., dkk. (2009). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pengajaran MIPA. 13 (1). 2.
Zaman, A., dkk. 2017. Logical Thinking in Mathematics: A Study of Secondary School Students in Pakistan. Journal of Research Society of Pakistan. 54 (1), 47.