Representasi Matematis dalam Pemecahan Masalah

Main Article Content

Saniyya Dara Farahhadi
Wardono Wardono

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah sangatlah penting dan perlu diperhatikan tiap-tiap individu. Namun dalam proses pemecahan masalah matematika diperlukan adanya komunikasi matematika. Komunikasi membantu untuk merepresentasikan suatu permasalah yang ada agar dapat dicari sebuah solusi yang tepat. Representasi sangat berhubungan dengan pemecaan masalah. Reperesentasi membantu mengkomunikasikan ide-ide matematika dari abstrak ke konkrit. Hal tersebut sangat mempengaruhi pemecahan masalah matematik yang umumnya berbentuk abstrak. Selain itu representasi yang tepat merupakan dasar untuk memahami suatu masalah  guna membuat rencana dalam memecahkan masalah tersebut.

Article Details

How to Cite
Farahhadi, S. D., & Wardono, W. (2019). Representasi Matematis dalam Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 606-610. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29071
Section
Articles

References

Booth, J.L. & Davenport, J.L. 2013. The role of Problem Representation and Feature Knowledge in Algebraic Equation-Solving. Elsevier: Journal of Mathematical Behavior, 32 : 415-423.
Goldin, G. & Shteingold, N. 2001. System of Representations and the Development of Mathematical Concepts. In The Roles of Representation in School Mathematics. NCTM Year Book.
Hwang, W.-Y., Chen, N.-S., Dung, J.-J., & Yang, Y.-L. 2007. Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System. Educational Technology & Society,10(2): 191-212.
Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016. Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
Polya, G. 1973. How To Solve It: A New Aspect of Mathematical Methode. Princeton: Princeton University Press.
Sahendra, A., Budiarto, M.T. & Fuad, Y. 2018. Students’ Representation in Mathematical Word Problem-Solving: Exploring Students’ Self-efficacy. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series, 957 012059.
Shiakalli, M.A. & Zacharos, K. 2014. Building Meaning Through Problem Solving Practices: The Case of Four-Year Olds. Elsevier: Journal of Mathematical Behavior, 35: 58-73.
Surya, E., Sabandar, J., Kusumah, Y.S., & Darim. 2013. Improving of Junior High School Visual Thinking Representation Ability in Mathematical Problem Solving by CTL. IndoMS. J.M.E. 4 (1): 113-126.
Wahyudi & Anigraheni, I. 2017. Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.
Walkington, C. et al. 2012. “Playing the Game” of Story Problems: Coordinating Situation Based Reasoning with Algebraic Representation. Elsevier: Journal of Mathematical Behavior, 31 : 174-195.