Perlunya Komunikasi Matematika dan Mobile Learning Setting Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan 4C di Era Disrupsi

Main Article Content

Muhammad Ashim
Mohammad Asikin
Iqbal Kharisudin
Wardono Wardono

Abstract

Abad ke-21 menekankan pada kemampuan 4C yang diantaranya berupa kemampuan komunikasi (Communication) yang harus dimiliki oleh elemen pendidikan seperti guru dan siswa. Di era modern ini, terdapat keterkaitan pembelajaran dengan perkembangan teknologi salah satunya berupa mobile learning. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis mobile learning merupakan salah satu solusi untuk mengikuti teknologi yang berkembang saat ini. Mobile learning dalam makalah ini berupa Aplikasi Virtual Trigonometri berbasis android. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep trigonometri dan melatih komunikasi matematika siswa karena dilengkapi langkah-langkah pembelajaran PBL yang terdapat di aplikasi tersebut. Melalui media ini, pembelajaran akan lebih menyenangkan karena ponsel dirasa sangat familiar di kalangan siswa. Proses diskusi dalam setting PBL dapat melatih kemampuan komunikasi matematika siswa baik komunikasi lisan ataupun tertulis. Hal Ini bertujuan agar siswa menguasai kemampuan komunikasi matematis dengan baik. Melalui pembelajaran berbasis mobile learning dan penguasaan komunikasi matematika harapannya mampu menciptakan kualitas pendidikan yang lebih baik, guru dan siswa mampu mengikuti perkembangan teknologi, serta mampu meningkatkan kemampuan 4C di Era Disrupsi ini.

Article Details

How to Cite
Ashim, M., Asikin, M., Kharisudin, I., & Wardono, W. (2019). Perlunya Komunikasi Matematika dan Mobile Learning Setting Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan 4C di Era Disrupsi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 687-697. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29239
Section
Articles

References

Ally, M. (2009). Mobile Learning: transforming the delivery of education and training. Quebec: AU Press.
Arista, F.S & Heru Kuswanto. (2018). Virtual Physics Laboratory Appication Based on the Android Smartphone to improve Learning Independence and Cocnceptual Understanding. International Journal of Instruction, 11 (1):1-16.
BNSP. (2006) .Permendiknas No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta: Depdiknas
CLTS. (2006). Background of Problem Based Learning. Samfort University. [online]. Tersedia http://www.samford.edu/pbl. {diunduh 23 September 2018)
Darmawan, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Depdiknas.(2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemempuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Forum Penelitian, Edisi khusus No. 1: 76-89.
Hanafi, H.F & K. Samsudin. (2012). Mobile Learning Environment System (MLES): The Case of Android-based Learning Application on Undergraduates’ Learning. International Journal of Advanced Computer Science and Application, 3(3): 63-66.
Maryanti, E. (2012). Peningkatan Literasi Matematis Siswa melalui Pendekatan Metacognitive Guidance. Tesis pada jurusan Pendidikan Matematika UPI Baandung: tidak diterbitkan.
National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standars for School Mathematics.Reston, VA: NCTM
Ontario Ministry of Education. (2005). The Ontario Curriculum, Grades 1 to 8: Mathematics. Toronto, ON: Queen’s Printer for Ontario.
Rizqi, A.A., dkk. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Melalui Blended Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5 (1): 17-23.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidkan. Jakarta: Kencana
Sari, S.K. (2017). Pengembangan Desain Pembelajaran Statistika Berbasis IT Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2):290-304.
Savery. (2006) .Overview of Problem Based Learning: Definitions and distinctions. Indisciplinary Journal, 1 (1): 9-20.
Setyaningrum, W & N H Waryanto. (2017). Developing Mathematics Edutainment Media for Android based on Students’ Understanding and Interest: A Teachers’ Review. IOP Conf. Series: Journal of Physics Series 983, doi :10.1088/1742-6596/983/1/012093
Sumarmo, U. (2005). Pengembangan Berfikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU Serta Mahasiswa Strata Satu (S1) Melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Laporan Penelitian (Hibah Pascasarjana). Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Trianto. (2009). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pusaka
Wahyudin. (2008). Pembelajaran & Model-Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Mandiri.
Wardani, S., L. Lindawati & S.B.W. Kusuma. (2017). The Development of Inquiry By Using Android-System-Based Chemistry Board Game to Improve Learning Outcome and Critical Thinking Ability. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2):196-205.
Zevenbergen, et al. (2004). Teaching Mathematics in Primary Schools. Autralia: Allen dan Unwin.