Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa

Main Article Content

Ratu Sarah Fauziah Iskandar
Retno Andriyani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum tersedianya bahan ajar yang valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa. Pengembangan bahan ajar ini merupakan Research and Development Approach dengan menggunakan model 4-D yang kemudian disederhanakan dengan mengubah dari empat tahap (4-D) menjadi tiga tahap (3-D). Pengembangan bahan ajar ini dilakukan mulai dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan dengan penilaian oleh para ahli, diantaranya ahli pendidikan dan ahli matematika.

Article Details

How to Cite
Fauziah Iskandar, R. S., & Andriyani, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 759-763. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29265
Section
Articles

References

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Gazali, R.H. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. Jurnal PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 11 – Nomor 2, Desember 2016, (182-192). Yogyakarta.
Putri, FM. (2009). Aktivasi Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Struktural Think Pair Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 21 Pekanbaru. Skripsi Universitas Riau.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.