Pengendalian Kualitas Crude Palm Oil (CPO) Dengan Diagram Kontrol Multivariat Exponatially Weighted Moving Avarage (MEWMA)

Main Article Content

Rahma Yuliati Kashi
Edy Widodo

Abstract

Pada saat ini ada berbagai jenis industri yang ada di indonesia, salah satunya industri komoditi yang dijalankan oleh PT. Perkebunan Nusantara V yang menghasilkan Crude Palm Oil (CPO). Agar PT. Perkebunan Nusantara V bisa bersaing dengan perusahaan lainnya maka perusahaan harus terus mempertahankan kualitas CPO yang dihasilkan dengan cara pengendalian kualitas. Pada penelitian ini pengendalian kualiatas dilakukan secara multivariat  dengan menggunakan metode statistika Multivariat Exponatially Weighted Moving Avarage (MEWMA) untuk mengontrol variabel karakteristik kualitas. karakteristik kualiatas yang digunakan untuk pengendalian kualitas CPO adalah kadar ALB, adara air dan kadara kotoran.  Hasilnya diperoleh pembobot yang optimal adalah 0.9. Dari pembobot tersebut proses produksi CPO di PT. Perkebunan Nusantara V belum terkendali secara statistik. Indeks kapabilitas multivariat ð‘€ð‘ƒð‘ adalah sebesar 0.87 sehingga kinerja proses belum kapabel pada ketiga variabel dan ð‘€ð‘ƒð‘k 0 dimana nilai tersebut lebih kecil dari satu sehingga kinerja proses multivariat belum kapabel.

Article Details

How to Cite
Kashi, R. Y., & Widodo, E. (2019). Pengendalian Kualitas Crude Palm Oil (CPO) Dengan Diagram Kontrol Multivariat Exponatially Weighted Moving Avarage (MEWMA). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 848-853. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29278
Section
Articles

References

Arinda, Anastasia. Mustafid. dan Mukid, Moch Abdul. 2016. Penerapan Diagram Kontrol Multivariate Exponantially Weighted Moving Avarage (MEWMA) Pada Pengendalian Karakteristik Kualiatas Air Instalasi Pengolahan Air III PDAM Tirta Halaman 31- 40.
Depertemen Perindustrian. 2007. Gambaran Sekilas Industri Minyak Kelapa Sawit. Jakarta.
Ihsan. 2018. Sejarah Kelapa Sawit. http://www.Petanihebat.com./sejarah-kelapa-sawit. Diakses pada tanggal 20 Mei 2018.
Jayanti, Johana Dianita dan Wibawati. 2014. Penerapan Diagram Kontrol MEWMA dan MEWMV Pada Pengendalian Kualitas Air Produksi di Ipam Ngagel I. Jurnal Sains dan Seni POMITS Vol. 3, No.2, (2014) 2337-3520 (2301-928X Print).
Montgomery, D.C. 1990. Pengantar Pengendalian Kualitas Statistik. Alih bahasa : Zanzawi Soejoeti. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.
PT. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru. 2010. Profil, Visi dan Misi PT. Perkebunan Nusantara V. https://www.ptpn5.com/statis-1-profil.html. Diakses pada tanggal 25 Juni 2018.
SNI 01-2901-2006. 2006. Minyak Kelapa Sawit (Crude Palm Oil). http://sispk.bsn.go.id/SNI/DetailSNI/7123 (Diakses pada tanggal 20 April 2018)