Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C

Main Article Content

Fiqi Annisa Indrawati
Wardono Wardono

Abstract

Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat cepat melampaui batas yang kita bayangkan. Terlihat jelas pada generasi abad XXI, yang memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk proses belajar mengajar. Ketika informasi dapat diakses darimana saja tanpa hambatan, para pendidik dituntut dan berkesempatan untuk mengembangkan cara belajar yang lebih efektif agar-agar dapat dilakukan di dunia pendidikan. Seluruh pencapaian tersebut dinyatakan dalam bentuk keterampilan melalui kemampuan 4C juga perlu diperhatikan Self Efficacy sebagai keyakinan terhadap kemampuan pada suatu bidang atau konsep tertentu. Puncaknya keberhasilan pendidikan bukan pada penguasaan ilmu pengetahuan, melainkan dalam karya nyata siswa yang mereka tunjukkan dalam perilaku sebagai hasil belajar. Membangun suasana lingkungan konsisten dan berlatih melalui pembiasaan literasi matematika, perlu dipupuk rasa tidak cepat bosan, karena karekter tidak dapat dibangun secara instan,  dibiasakan untuk mengerjakan tugas yang rumit dan penuh tantangan yang mengharuskan mereka belajar dan belajar dengan gaya mereka sendiri, siswa dikondisikan agar memiliki kemampuan bekerja sama yang baik dengan teman, guru, atau para ahli yang terlibat tingkat tinggi, siswa mahir menggunakan teknologi untuk membuat keputusan, memecahkan masalah, perrcaya diri dan menciptakan sesuatu yang kreatif dan inovatif.

Article Details

How to Cite
Indrawati, F. A., & Wardono, W. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 247-267. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29307
Section
Articles

References

Bandura, Albert. 1997. Self-Efficacy The Excercise of Control. USA: W. H Freeman and Company.
Desirahmatina. (2017). Analisis Kemampuan Literasi dan PengaruhnyaTerhadap Pencapaian Matematika Mahasiswa (Prosding SEMIRATA MIPA BKS – PTN WILAYAH BARAT. Jambi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan Universitas Jambi.
Nizham, H., & Suhendra, S. (2017, December). Improving ability mathematic literacy, self-efficacy and reducing mathematical anxiety with learning Treffinger model at senior high school students. In International Journal of Science and Applied Science: Conference Series (Vol. 2, No. 1, pp. 130-138).
Kern, R. 2000. Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.
Kemendikbud. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kusaeri. 2011. Transformasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Pelajaran Matematika di Sekolah. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 21-32.
Mendikbud, Permendikbud Nomor 68 Tahun 2013 tentang Standar Isi, 2013.
NCTM, Curriculum and evaluation standards for school mathematics, Reston: NCTM, 1989.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics, Reston: NCTM.
Novotna, J. (2014). Problem Solving in School Mathematics Based on Heuristic Strategies. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, Bandung: Universitas Indonesia Vol. 7, No. 1, pp. 1-6, online ISSN 1803-1617, printed ISSN 2336-2375
OECD, PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do – Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume I, Revised edition, February 2014), Paris: OECD Publishing, 2014.
OECD, PISA 2012 Assesment and Analytical Framework: Mathematics, Raeding, Science, Problem Solving and Financial Literacy, Paris: OECD Publisher, 2013.
Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud. 2012a. Determinants of Learning Outcomes TIMSS 2011: Final Report. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud. 2012b. Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Provinsi Kalimantan Timur dan D.I. Yogyakarta. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud. 2013a. Laporan Review Hasil-hasil Penelitian TIMMS, PIRLS, PISA, Studi Penggunaan Waktu, dan Sertifikasi (BERMUTU). Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud. 2013b. Laporan Kompetensi Guru dan Prestasi Siswa Sebagai Dampak Dana Bantuan Langsung BERMUTU kepada KKG/MGMP. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
Rahmawati, M. 2014. Literasi Matematika Pendidikan Menengah (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Volume 20 Nomor 4.)Online. Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud. Diakses, 4 Juli 2018.
Robbins, S. 2003. Perilaku Organisasi Jilid 1. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Bagaimana ? (Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan UNY PM-02) Online. Yogyakarta: Pendidikan Matematika Program Pascasarja UNY. Diakses, 4 Juli 2018.
Simanjuntak, H. 2013. Kontribusi Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Persamaan Kuadrat pada Siswa SMAN 1 Pangkal Pinang. Jurnal Pendidikan danKebudayaan. 19 (1), hlm. 94-106.
Schunk, D. H. (1991). Self-efficacy and academic motivation. Educational Psychologist, 26, 207-231.