Kemampuan Penalaran Matematis pada Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa

Main Article Content

Siti Jami’atun
Kristina Wijayanti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran TTW efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah Kelas VII di salah satu SMP di kota Semarang tahun 2018/2019. Dengan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh sampel kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan model TTW dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan model PBL. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan penalaran matematis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan (1) uji hipotesis I yaitu uji ketuntasan klasikal, (2) uji hipotesis II yaitu uji perbedaan rata-rata, serta (3) uji hipotesis III yaitu uji banding proporsi. Hasil penelitian menunjukkan (1) ketuntasan klasikal siswa pada model TTW adalah 66,7% sehingga tidak mencapai ketuntasan klasikal yaitu 75%, (2) rata-rata pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa dengan model TTW lebih tinggi dari siswa dengan model PBL, (3) proporsi pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa dengan model TTW lebih baik dari siswa dengan model PBL.

Article Details

How to Cite
Jami’atunS., & Wijayanti, K. (2020). Kemampuan Penalaran Matematis pada Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 599-604. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/37633
Section
Articles

References

Abdussakir. (2010). Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele. El-Hikmah Jurnal Kependidikan dan Keagamaan, 11(1), 1-13.
Agoestanto, A., Priyanto, O. Y. S., & Susilo, B. E. (2018). The effectiveness of auditory intellectually repetition learning aided by questions box towards students’ mathematical reasoning ability grade XI SMA 2 Pati. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(1), 17-23.
BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
Dewi, N. R., & Kusumah, Y. S. (2017). Implementasi Brain-Based Learning Berbantuan Web Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1): 128-133.
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190.
Kusmanto, H., & Marliyana, I. (2014) Pengaruh Pemahaman MatematikaTerhadap Kemampuan Koneksi MatematikaSiswa Kelas Vii Semester Genap SMP Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka. 3(2), 61-75
Khoerunnisa, E., Hidayah, I., &Wijayanti, K. (2016). Keefektifan Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Alat Peraga Mandiri terhadap Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Siswa Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1), 48-53.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Linola, D., Marsitin, R., & Wulandari, T. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMAN 6 Malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27-33. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.2003
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United State of America: Library of Congress Cataloguing.
Septiana, M., Mashuri, M., & Agoestanto, A. (2012). Keefektifan Model TGT Berbantuan CD Pembelajaran Rekreatif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2), 16-21.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1), 1-8.
Suyanto, E. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Strategi TTW Berbasis Learning Journal untuk meningkatkan Kemampuan Menulis Matematis. Jurnal Matematika Kreano, 7(1), 58-65
Wardhani, S. (2010). Teknik Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengmbangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik Terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.
Wijayanti, K., Nikmah, A., & Pujiastuti, E. (2018). Problem solving ability of seventh grade students viewed from geometric thinking levels in search solve create share learning model. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(1), 8-16.
Winayawati, L., S. B. Waluya, & I. Junaedi. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Think Talk Write Terhadap Kemampuan Menulis Rangkuman dan Pemahaman Matematis Materi Integral. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 1(1), 65-71.
Yuwono, M. R. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Segitiga dan Alternatif Pemecahannya. Magistra. 14-25.