Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX A

Main Article Content

Nur Utami
YL Sukestiyarno
Isti Hidayah

Abstract

Literasi matematika adalah pengetahuan untuk mengetahui dan menerapkan matematika dasar dalam kehidupan kita sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini bersifat kualitatif yaitu penelitian tentang riset dan cenderung dengan menganalisa suatu permasalahan dengan subjek penelitian ini melibatkan 30 orang siswa dari kelas IX A SMP Sarbini Grabag tahun ajaran 2019/2020. Indikator literasi matematika: (1) Merumuskan masalah nyata dalam pemecahan masalah, (2) Menggunakan matematika dalam pemecahan masalah, (3) Menafsirkan solusi dalam pemecahan masalah, dan (4) Mengevaluasi solusi dalam pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 20 % siswa yang mampu mengevaluasi solusi dari soal yang diberikan dari jumlah siswa dan hanya 26,67% dari jumlah siswa yang dapat merumuskan masalah nyata yang terdapat dalam soal.

Article Details

How to Cite
Utami, N., Sukestiyarno, Y., & Hidayah, I. (2020). Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX A. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 626-633. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/37679
Section
Articles

References

Andes, S.A., Waluya., & Rochmad. 2017. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Berdasarkan Kemampuan matematika. 7(2). Universitas Negeri Semarang.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.
Hamdi, A.S. & Baharuddin, E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta : CV BUDI UTAMA.
Kuswidi, I. (2017). Brain-Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 133-144.
OECD, PISA. 2018 . Assement and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD publisher.
Stacey, K., & Turner, R. (Eds.). (2014). Assessing mathematical literacy: The PISA experience. Springer.