Pengembangan Batik Fraktal Berbasis Koch Snowflake (m,n,c) dan Koch Anti-Snowflake (m,n,c) Menggunakan L-System

Main Article Content

Rifkatus Sholeha
Kosala Dwidja Purnomo
Abduh Riski

Abstract

Batik merupakan seni menggambar atau melukis dengan corak yang dibuat dengan pola tertentu. Corak batik selalu dikembangkan untuk memperbaiki aspek keindahan. Beberapa macam corak batik memiliki sifat self-similarity yang dibangkitkan secara matematis. Pada penelitian ini membangkitkan Koch Snowflake  dan Koch Anti-Snowflake  menggunakan L-system serta memvisualisai bentuk tersebut untuk dituangkan dalam desain batik dengan pola pengubinan. Metode penelitian ini dibagi menjadi beberapa tahapan. Pertama, menentukan bentuk Koch Snowflake  dan Koch Anti-Snowflake  yang akan dibangkitkan. Kedua, pembangkitan Koch Snowflake dan Koch Anti-Snowflake  menggunakan metode L-system. Pembangkitan  kurva  dengan inisiator segi-  yang digunakan yakni segi 3 dan 4, dan nilai generator segi-  yang bisa menyesuaikan serta nilai c yang dibatasi. Iterasi yang digunakan untuk membangkitkan kurva adalah iterasi ketiga. Ketiga, membuat pola batik dengan menggabungkan Koch Snowflake dan Koch Anti-Snowflake  dengan nila  dan iterasi yang sama dengan perbandingan nilai kurva 1:1. Keempat, penambahan isen tengah di bagian Koch Snowflake untuk menambah aspek keindahan dari batik ini. Motif batik yang dihasilkan secara garis besar terdiri dari 2 motif dengan nilai  dan  dengan nilai  yang berbeda yakni ,  dan  serta nilai  yang dibatasi.

Article Details

How to Cite
Sholeha, R., Purnomo, K., & Riski, A. (2020). Pengembangan Batik Fraktal Berbasis Koch Snowflake (m,n,c) dan Koch Anti-Snowflake (m,n,c) Menggunakan L-System. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 147-155. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/37834
Section
Articles

References

Alkhori, E. (2019). Pembangkitan Fraktal Koch Anti-Snowflake (m,n,c) menggunakan Metode Transformasi Affine (The Generation Of Fraktal Koch Anti-Snowflake(m,n,c) Using Affine Transformation Method). (Skripsi). Universitas Jember. Jember.
Kaleti, T dan Paquette, E. (2010). The Trouble With Von Koch Curves Built From Gons. The American Mathematical Monthly, 117, 124-137.
Romadiastri. Y. (2013). Batik Fraktal: Pengembangan Aplikasi Geometri Fraktal. Jurnal Matematika, 1(1), 2-25.
Sari, N. P. W. (2019). Pembangkitan Kuva Koch (n,c) Menggunakan L-system (The Construction Of The Koch Curve (n,c) By Using L-system). (Skripsi). Universitas Jember. Jember.