PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PADA MATA KULIAH HIDROLIKA SALURAN TERBUKA DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

  • Diana Langgeng Mustikawati
Keywords: Learning Media, Audio Visual, Open Channel Hydraulics sub discussion Vertical Flat Gate and Radial Gate

Abstract

Mata kuliah Hidrolika Saluran Terbuka merupakan mata kuliah program studi S1 Teknik Sipil yang membahas mengenai praktikum tentang karakteristik zat cair baik zat cair tersebut dalam keadaan diam maupun zat cair tersebut dalam keadaan bergerak (mengalir). Berdasarkan identifikasi, diperlukan suatu alternatif agar mahasiswa lebih mudah dalam memahami materi perkuliahan.

Media pembelajaran berbasis audio visual merupakan salah satu alternatif dalam penyelenggaraan sistem pendidikan dengan beberapa keunggulannya. Media pembelajaran berbasis audio visual merupakan media yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran yang sekarang ini menjadi popular di dunia pendidikan. Metode yang dipergunakan dalam pembelajaran ini metode eksperimen. Dimana subjek penelitian ini yaitu mahasiswa S1 Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang tahun  akademik 2014/2015 pada mata kuliah Hidrolika Saluran Terbuka sub bahasan Vertical Flat Gate dan Radial Gate. Yang menjadi kelas kontrol dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Teknik Sipil tahun akademik 2014/2015 rombel 2 sedangkan yang menjadi kelas eksperimen adalah mahasiswa S1 Teknik Sipil tahun akademik 2014/2015 rombel 1. Rincian hasil penelitian adalah nilai rata-rata pre test dan post test pada kelas kontrol dan eksperimen. Untuk nilai rata-rata pre test pada kelas kontrol adalah 51,57 sedangkan pada kelas eksperimen adalsah 44,34. Untuk nilai rata-rata post test pada kelas kontrol adalah 78,53 sedangkan pada kelas eksperimen adalah 86,84. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis audio visual dapat meningkatkan rata-rata nilai hasil pemahaman materi.

Open Channel Hydraulics subjects are subjects S1 Civil Engineering study program that discussed the practical characteristics of both liquid liquid is at rest and the liquid in motion ( flow ). Based on the identification, needed an alternative to make students more easily understand the lecture material. Audio visual media based learning is one alternative in the administration of the education system with several advantages. Audio visual media based learning is the medium used to convey the message that learning is now becoming popular in the world of education. The method used in this study the experimental method. Where the subject of this research that students S1 Civil Engineering Semarang State University in the 2014/2015 academic year courses Open Channel Hydraulics sub discussion Vertical Flat Gate dan Radial Gate. Which becomes the control class in this study were students S1 Civil Engineering academic year 2014/2015 rombel 2 while the experimental class are students of S1 Civil Engineering academic year 2014/2015 rombel 1. Details of the results is the value of the average pre-test and post test the control and experimental classes. For the average value of pre-test the control class is 51,57 , while the experimental class adalsah 44,34. For the average value of post test on the control class is 78,53 , while the experimental group was 86,84. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that learning with audio visual media based learning can increase the average value of the understanding of the material.

References

Arsyad, Azhar. 2005. Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Konstektual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Triatmodjo, Bambang. 2003. Hidraulika I. Yogyakarta: Beta offset.

Van Te Chow, 1997. Hidrolika Saluran Terbuka. Jakarta: Rineka Cipta.

Section
Articles