PEMANFAATAN SARANA PRASARANA RUANG PRAKTIK DENGAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL)PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK 1 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB) SMK N 2 SALATIGA

  • Susi Andariningsih
Keywords: Hasil belajar, Gambar Teknik 1, Project Based Learning

Abstract

Project based Learning(PjBL) adalahsebuah model atau pendekatan pembelajaran yang inovatif, yang menekankan belajar kontekstual melalui kegiatan-kegiatan yang kompleks seperti memberi kebebasan pada siswa untuk bereksplorasi merencanakan aktivitas belajar, melaksanakan proyek secara kolaboratif, dan pada akhirnya menghasilkan suatu hasil produk.Permasalahan yang  dikaji dalam penelitian ini adalah:1. Apakah penerapan PjBL melalui pendekatan scientific dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pemanfaatan sarana prasarana pada proses pembelajaran gambar teknik 1 kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Salatiga; 2. Apakah  dengan menggunakan metode PjBL dapat memaksimalkan penggunaan sarana dan prasarana ruang praktik gambar bangunan pada mata diklat gambar teknik 1 kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Salatiga ; 3. Adakah peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek melalui pendekatan scientific pada mata diklat gambar teknik 1 kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Salatiga.

Model penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dimana subjek pada penelitian ini adalah siswa pada kelas X TGB A (kelas kontrol) dan X TGB B(kelas ekperimen), dengan hasil belajar sebagai alat untuk mengukur tingkat pemahaman siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai akhir yang terdiri dari nilai kognitif, afektif dan psikomotorik pada kelas kontrol dan eksperimen.Rata-rata nilai akhir kelas kontrol adalah 69,61 dan pada kelas eksperimen 79,92, dengan persentaseketuntasan kelas kontrol 52,78% dan kelas eksperimen 91,67%. Hasil uji perbedaan rata-rata (uji t) didapatkan nilai thitung sebesar 5,49.Nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabel1,99.Peningkatan hasil belajar dari pre tes ke post tes adalah 88,40% untuk kelas eksperimen dan 66,67% untuk kelas kontrol.Hal tersebut menunjukkan  bahwa nilai akhir kelas eksperimen lebih baik dari nilai akhir kelas kontrol.

Penerapan metode pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan aktivitas siswa pada proses pembelajaran. Hal ini ditandai dengan nilai afektif untuk kelas eksperimen yaitu 3,26 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 3,01, sedangkan untuk  nilai psikomotorik untuk kelas eksperimen yaitu 84,31 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 84,2. Peningkatan aktivitas siswa secara tidak langsung memaksimalkan pemanfaatan sarana prasarana ruang praktik selam proses pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan memaksimalkan pemanfaatan sarana prasaran ruang prakti, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Arikunto, Suharsimi.2009.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta:Bumi Aksara.

Arikunto,Suharsimi.2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta.

Faiq, Muhammad. 2013. Pendekatan scientific dalam implementasi kurikulum 2013. http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2013/07/pendekatan-scientific-dalam-implementasi-kurikulum-2013.html. Diunduh 20 Januari 2015 pukul 05 : 13

Furchan, Arief.2005.Pengantar Penelitian dalam Pendidikan.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Kurniadi, Didi.2013.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA N 1 Bawang Banjarnegara Kelas XI IPA 1 dengan Pendekatan PjBL (Project Based Learning) berbasis Bahan Sekitar. Jurnal Skripsi UNNES..

Mardiyani, Anif Dwi.2012.Penagruh Penerapan Metode Jigsaw Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Menggambar Konstruksi Rangka Atap Di SMK NEGERI 5 Semarang Tahun Ajaran 2012-2013.Jurnal Skripsi UNNES.

Peraturan Menteri.2008.Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional bo. 40 Tahun 2008 tanggal 31 Juli 2008 Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.

Putri, Marinda Ditya.2013.Keefektifan Project Based Learning pada Pencapaian Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMK Materi Progam Linier. Jurnal Skripsi UNNES.

Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soetjipto, Raflis Kosasi. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana.1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Trianto.2014.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual.Jakarta:Pranemedia Group.

Warsito. 2008. Pembelajaran Sains Berbasis Proyek (Project Based Learning) sebagai Usaha untuk Meningkatkan Aktivitas dan Academic Skill Siswa Kelas VII C SMP Muhammadiyah 3 Depok. Jurnal Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Section
Articles