PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH UKUR TANAH DAN PRAKTIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

  • Teguh Nur Irsiawan
Keywords: kegiatan belajar mengajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran agar layak digunakan sebagai salah satu perangkat pembelajaran dalam mata kuliah Ukur Tanah dan Praktik mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan. Manfaat yang didapatkan adalah untuk memberikan alternatif media pembelajaran bagi dosen dalam pelaksanaan proses pembelajaran mata kuliah Ukur Tanah dan Praktik.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan. Jenis penelitian ini diterapkan dalam pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi Lectora dan Surfer. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuesioner yang digunakan untuk mendapatkan data pengujian validitas media oleh ahli materi, ahli media, ahli instruksional dan pengambilan data persepsi dosen dan mahasiswa terhadap media pembelajaran.

Penelitian dan pengembangan media pembelajaran pada mata kuliah ukur tanah dan praktik yang dilakukan oleh penulis, menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Lectora dan Surfer untuk membuat media pembelajaran telah layak digunakan dalam pembelajaran ukur tanah dan praktik, hal itu dapat dilihat dari persentase ahli materi dan instruksional sebesar 71,6% (cukup layak), ahli media sebesar 95,3% (layak), dosen pengampu mata kuliah ukur tanah dan praktik sebesar 92% (baik), dan persepsi mahasiswa sebesar 84,5% (baik). Sehingga media pembelajaran pengukuran detail situasi dan kontur Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Semarang layak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

References

Arikunto, Suharsimi. (1996). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Section
Articles