Abstract

Pembelajaran berbicara di SMP kurang memuaskan. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah model pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu adanya perbaikan model pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi di lokasi pembelajaran. Model kooperatif teknik ’Mencari Pasangan’ dan ’Kancing Gemerincing’ diduga dapat meningkatkan pembelajaran keterampilan berbicara siswa di SMP, terutama pada siswa introver dan ekstrover. Berkaitan dengan peningkatan mutu pembelajaran keterampilan berbicara dengan kondisi siswa yang berbeda, masalah dalam penelitian adalah, 1) apakah keterampilan berbicara siswa introver yang dibimbing dengan teknik ’Mencari Pasangan’ dan ’Kancing Gemerincing’ berbeda? 2) apakah keterampilan berbicara siswa ekstrover yang dibimbing dengan teknik ’Mencari Pasangan’ dan ’Kancing Gemerincing’ berbeda? 3) apakah ada interaksi antara kedua perlakuan dengan siswa introver dan ekstrover? 4) apakah ada perbedaan keterampilan berbicara siswa introver dan ekstrover?. Metode Penelitian yang digunakan quasi experiment. Eksperimen dilaksanakan di kelas VIIC dan VIID. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Anova dua jalur. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas, yaitu teknik pembelajaran (X), variabel terikatnya adalah keterampilan berbicara siswa introver dan ekstrover (Y). Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) keterampilan berbicara siswa introver yang dibimbing dengan teknik ’Mencari Pasangan’ dan ’Kancing Gemerincing’ berbeda, (2) keterampilan berbicara siswa ekstrover yang dibimbing dengan teknik ’Mencari Pasangan” dan ’Kancing Gemerincing’ berbeda, (3) ada interaksi antara teknik pembelajaran ’Mencari Pasangan’ dan ’Kancing Gemerincing’ dengan siswa introver dan ekstrover (4) keterampilan berbicara siswa introver dan ekstrover berbeda.

 

Learning speaking in the junior high school is unsatisfactory. One of the factors is the learning model. Therefore, it is needed to improve learning model which is adapted to the conditions of the learning site. Cooperative technique model of ‘Seeking Couple’ and Ttinkling Buttons ‘ is supposed to be able to improve the learning speaking skill of students in junior high school, especially an introvert and extrovert student. Related to improving the quality of the learning speaking skill of students with different conditions, problems in the study are, 1) whether the speaking skill of introvert students who are guided by the technique of ‘Seeking Couple’ and ‘Tinkling Buttons’ are different? 2) whether the speaking skill of extrovert students who are guided by the technique of ‘Looking for Couples’ and ‘Tinkling Buttons’ are different? 3) whether there is interaction between the two treatments with the introvert and extrovert students? 4) whether there are differences in students’ speaking skill who are introvert and extrovert? Method used in the study is quasi experiment. Experiment is carried out in class VIID and VIIC. Data analysis in this study uses Anova two lanes. The variables in this study are the independent variable, namely learning techniques (X), and the dependent variable, namely the speaking skill of introvert and extrovert students (Y). The result of the study finds that (1) the speaking skill of introvert students who are guided by the technique of ‘Looking for Couples’ and ‘Tinkling Buttons’ is different, (2) speaking skill of extrovert students who are guided by the technique of ‘Looking Couple’ and ‘Tinkling Buttons’ is different, (3) there is interaction between learning techniques of ‘Seeking couple’ and ‘Tinkling Buttons’ with introvert and extrovert students (4) speaking skill of introvert and extrovert students is different.