Abstract

Masalah penelitian ini (1) Bagaimanakah karakteristik kesantunan tindak tutur siswa SD kelas VI Semester 1 di wilayah subkultur Jawa-Negarigung?; (2) Bagaimanakah pengembangan draf buku pelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan kesantunan berbahasa subkultur Negarigung yang dibutuhkan siswa SD kelas VI Semester 1?; dan (3) Bagaimanakah kelayakan produk penelitian ini sebagai buku pelajaran Bahasa Indonesia SD kelas VI Semester 1? Pendekatan yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model Borg dan Gall. Data diperoleh dari tiga SD di Kota Salatiga dan Kab. Magelang dengan menggunakan angket sedangkan teknik analisisnya menggu-nakan teknik analisis kualitatif persentase. Data penilaian kelayakan produk diperoleh dari dua ahlidan seorang guru dengan teknik angket dan wawancara. Dari analisis data diketahui tindak tutur siswa SD di wilayah subkultur Jawa-Negarigung berderajat santun dan kurang santun. Para siswa dan guru terbukti sangat membutuhkan buku pelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan kesantunan berbahasa, rerata skor kebutuhan 64,14 (siswa) dan 64,3 (guru). Disimpulkan pula, karakteristik buku pelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan kesantunan berbahasa untuk SD kelas VI semester 1 meliputi karakteristik bagian pendahulu, isi, penyudah, dan bahasa. Berdasarkan penilaian pakar dan guru, produk penelitian ini baik dan layak untuk digunakan sebagai buku pelajaran Bahasa Indonesia. Dari hasil penelitian, disarankan pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan buku pelajaran yang memperhatikan kesantunan berbahasa dan penyusunan buku pelajaran Bahasa In-donesia untuk SD di wilayah subkultur Jawa-Negarigung menggunakan hasil penelitian ini sebagai panduan. Selain itu, roduk penelitian ini hendaknya dijadikan model pengembangan buku pelajaran Bahasa Indonesia SD untuk wilayah subkultur Jawa-Negarigung dan penggunaan produk penelitian ini dalam pembelajaran perlu diuji tingkat keefektifannya.

 

The background of the research is nowadays, there are a lot of textbooks which do not pay attention on the poli-netess system. The writing of a book should actually concern on the politeness of the potential reader of the book. The problems in this research are as follow (1) What are the characteristics of poinetess system of sixth graders in Javanese-subculture region?; (2)How is the development of Indonesian language textbook draft base d on the Javanese subculture politeness system needed by sixth graders in the semester 1?; and (3)How is the  feasibility of the research product to be used as an Indonesian language textbook for Grade VI Elementary Schoolin the Semester 1? The approach used is Borg and Gall’s Research and Development. The data are collected from three elementary schools in Salatiga and Magelang Regency using questionnaires. Meanwhile, the data are analyzed using qualitative approach. The feasibility data is gained from two experts and a teacher using questionnaires and interview techniques. The analysis reveals that the degree of politeness of the students are both high and low. Students and teacher are both in need of Indonesian language textbook which contains politenesssystem, with the average score of 64.14% (students) and 64.30% (teachers). It can be concluded that the organization of Indonesian langauge textbook consists of introduction, body of the textbook, closing and the language used. The result of this research can be a guideline for further writing design of Indonesian language textbook based on the Javanese Subculture Politeness system for elementary school. Besides, the product of this reseach can be an Indonesian langauge textbook model for Javanese Subculture region. Additionally, the effectiveness of use of the research product should be also tested.