Efektivitas Pemberian Reward dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas VII Mts. Negeri Margadana Kota Tegal

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Adefyanti Dwi Indah Fatonah
Arif Purnomo
Rudi Salam

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of reward in teaching social studies to enhance learning motivation in class VII MTs Negeri Margadana Tegal. The reason for taking this researchawareness of teachers there to provide motivation for students is still minimal and low activity of students in participating in learning, The design of this study is a Quasi Experiment Nonequivalent Control Group Design. The population of this research is the students of class VII MTs Negeri Margadana Tegal. Samples of the study were students of class VII G and Class H with purpusive sampling technique sampling. Tools and data collection techniques used in this study is the observation, questionnaires, tests, and documentation. The technique of analyzing data used in this study is the normality test, homogenitas test, t-test. In this research, obtained t count value 2,230 and t table at 5% significance level with t table 66 is 1.66, so t count = 2,230 > t table = 1.66.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian reward dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar kelas VII di MTs Negeri Margadana Kota tegal. Alasan mengambil penelitian ini karena kesadaran guru di sana untuk memberikan motivasi kepada siswanya masih minim dan juga rendahnya aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran. Desain dari penelitian ini adalah Eksperimen Quasi Nonequivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri Margadana Kota Tegal. Sampel dari penelitian adalah siswa kelas VII G dan Kelas VII H dengan teknik sampling purpusive sampling. Alat dan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, angket, tes, dan dokumentasi. . Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenias, uji t. Dalam penelitian ini, diperoleh t hitung bernilai 2,230 dan t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan t tabel 66 adalah 1,66, sehingga t hitung = 2,230 > t tabel = 1,66.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fatonah, A., Purnomo, A., & Salam, R. (2019). Efektivitas Pemberian Reward dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas VII Mts. Negeri Margadana Kota Tegal. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(2), 169-173. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v1i2.36423

References

Hasbullah. 2001. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nasrudin, Feri. 2015. “Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri di Sekolah Binaan 2 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes”. FIP. UNNES. Semarang.
Pusdyastowo, Dwi Atmojo. 2006. “Pengaruh Pemberian Reward dan Reinforcement Negatif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2015/2016”. FIP. UNY. Yogyakarta. Slameto. 2003. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmawati, Hana Gilang. 2017. “Efektivitas Metode Reward untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMK Negeri 3 Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Bimbingan dan Konseling. FIP. UNY.

Most read articles by the same author(s)