EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN BRAINSTORMING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN SISTEM SARAF

  • Sofiah Sofiah Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Endah Peniati Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Lisdiana Lisdiana Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Keywords: brainstorming, critical thinking, nerve system, project based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Model Project Based Learning dengan Brainstorming terhadap keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran sistem saraf. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment yang menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 2 Rembang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan sampel kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan angket. Hasil uji perbedaan dua rata-rata posttest menunjukkan thitung 6,36 ≥ 1,671 terdapat perbedaan rata-rata. Hasil analisis keterampilan berpikir siswa pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa 86,11% siswa memperoleh nilai ≥85 dengan kategori tinggi, sementara kelas kontrol sebesar 25% yang memperoleh kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa Project Based Learning dengan Brainstorming dapat mencapai indikator keefektivan karena hasil uji t perbedaan dua rata-rata posttest menunjukkan adanya perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan ≥75% siswa mencapai nilai ≥85. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Project Based Learning dengan Brainstorming efektif terhadap keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran sistem saraf.

 

This research aims to understand the effectiveness of model Project Based Learning with brainstorming to critical thinking skill on learning nervous system. This research was quasi eksperiment which uses research nonequivalent control group design.The population in this study was XI IPA in SMA N 2 Rembang.Sample was taken by purposive sampling technique, and obtained a sample in class XI IPA 2 as an experiment class, and class XI IPA 4 as a control class.Data collection was done with the test, observation, and questionnaire.The result of the difference of two posttest shows that tcalculated 6,36 ≥ 1,671 there was a difference. Analysis of students critical thinking on experiment class shows 86,11 % of students obtained ≥85 with high category, while control class of 25 % obtained high category.Based on the results of study we can said that Project Based Learning with brainstorming met indicator of effectiveness because result of the difference of two posttest shows there was a difference of critical thinking between experiment and control class, and ≥75% of student obtained ≥85. So we can conclude that Project Based learning with Brainstorming is effective to enhance critical thinking skill on nerveous system learning.

References

Brown, VR & P. Paulus. 2002. Making group brainstorming more effective: recommendation from an associative memory perspective. Current Directions in Psychological Science 6 (11): 208-212.

Ennis, RH. 2011. Critical Thinking Assessment. Theory into practice 32 (3): 179-186.

Fisher, A. 2007.BerpikirKritis. Jakarta: Erlangga.

Grant, M.M., 2002. Getting A Grip On Project Based Learning On Learning Outcomes in the 5th Grad Social Course in Primary Education. Departemen of Primary Education 26470 Eskisehir-Turkey, 5(1). 548-556.

Kurniawan, A. 2011.Pengaruh Model PembelajaranBerbasisProyekterhadapKeterampilanBerpikirKritisdansikapterkaitSainssiswa SMP.JurnalpenelitianSingaraja.

Mahanal, S. & E. Darmawan. 2009. PengaruhpembelajaranProject based learning (PjBL) padamateriekosistemterhadapsikapdanhasilbelajarsiswa SMAN 2 Malang. JurnalpenelitianJurusanBiologi FMIPA UniversitasNegeri Malang.

Sadia, IW. 2008. Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan pengajaran Undiksha, 41. 219-237, April 2008.

Wang, HC, Rose CP, & Chang CY. 2011. Agent-based dynamic support for learning from collaborative brainstorming in scientific inquiry. Springer Journal Computer-Supported Collaborative Learning 6: 371-395.

Warsono, & Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wulandari. 2014. Pengaruh penerapan metode Brainstorming terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi penyakit dan hama pada tumbuhan di SMP Negeri 1 Ungaran. Unnes Journal of Biology Education (1) 1.

Zhao, Z & Hou J. 2010. The Study on Influencing Factors of Team Brainstorming Effectiveness. International Journal of Bussiness and Management 5 (1): 181-184.

Published
2016-09-19
Section
Articles