PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN JIGSAW DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SKOR KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

  • Siti Aisyah Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
  • Saiful Ridlo Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Keywords: Problem Based Learning, Jigsaw, Metacognitive Skill

Abstract

Abstract

The purposes of this study were to analyze the difference of student’s metacognitive skill score between PBL class and Jigsaw class, analyze the difference of student’s learning outcomes between PBL class and Jigsaw class,  and analyze the relationship between metacognitive skill score and learning outcomes. This was an experimental research. The population was 156 students in grade XI Science in State Senior High School 1 Pecangaan, Jepara academic year 2013/2014. Cluster random sampling technique was used and result two groups, namely PBL group  and Jigsaw group . The PBL group  was subjected to Problem Based Learning model, and the Jigsaw group was subjected to Jigsaw model. After learning, metacognitive skill score and learning outcomes of cognitive test performed in both groups PBL and Jigsaw to collect the data. The results showed that there was no differences average of metacognitive skill score between students in PBL class and Jigsaw class, there was differences of learning outcomes between students in PBL class and Jigsaw class, PBL class showed a higher learning outcomes significantly than Jigsaw class, there was a possitive strong relationship between metacognitive skill score and learning outcomes, and the percentage of students who reach the mastery learning in group subjected Problem Based Learning more than or equal to 75%, whereas in group subjected Jigsaw less than 75%.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan metakognitif antara kelas PBL dan kelas Jigsaw, untuk menganalisis perbedaan hasil belajar kognitif antara kelas PBL dan kelas Jigsaw, dan menganalisis hubungan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas XI IPA SMA N 1 Pecangaan, Jepara tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling terpilih dua kelompok, yaitu kelompok kelas PBL dan kelompok kelas Jigsaw. Kelompok PBL dikenai pembelajaran model Problem Based Learning dan kelompok Jigsaw dikenai model pembelajaran model Jigsaw. Setelah dilakukan pembelajaran pada kedua kelompok dilakukan pengumpulan data dengan tes lembar inventori kesadaran metakognitif dan tes hasil belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata skor keterampilan metakognitif siswa antara kelas PBL dan kelas Jigsaw, terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif siswa antara kelas PBL dan kelas Jigsaw, kelas PBL menunjukkan hasil belajar kognitif yang lebih tinggi secara signifikan dibanding kelas Jigsaw, adanya hubungan positif yang kuat antara skor keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif, dan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada kelompok yang menggunakan pembelajaran PBL lebih dari atau sama dengan 75%, sedangkan kelompok yang menggunakan pembelajaran Jigsaw kurang dari 75%.

 

 

Author Biographies

Siti Aisyah, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 IndonesiaJurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang IndonesiaGedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 IndonesiaJurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Saiful Ridlo, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 IndonesiaJurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang IndonesiaGedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 IndonesiaJurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

References

Arends, RI. 2007. Learning to teach. Terjemahan: Helly Prajitno Soejipto dan Sri Mulyantini Soejipto: 2008. Edisi Ketujuh/Buku Kedua. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Basith, A. 2010. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD dengan Strategi Pembelajaran Jigsaw dan Think Pair Share (TPS). (Penelitian). Malang: Universitas Negeri Malang.

Cahyani, Ardila, A.D Corebima, dan Siti Zubaidah. 2012. Hubungan Keterampilan Metakognitif terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Retensi Siswa Kelas X dengan Penerapan Strategi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) di SMA N 9 Malang. (Penelitian). Malang: FMIPA UM.

Corebima, A. D. 2006. Metakognisi: Suatu Ringkasan Kajian. Makalah disampaikan pada Pelatihan Strategi Metakognitif pada Pembelajara Biologi untuk Guru-Guru Biologi SMA. Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPKM) UNPAR, Palangkaraya, 23 Agustus 2006.

Danial M. 2010. Pengaruh Strategi PBL terhadap Keterampilan Metakognisi dan Respon Mahasiswa. Jurnal Chemica 2 (2): 1-10

Downing, Woo-Kyung et al. 2009. Problem-Based Learning and the Development of Metacognition. High educ (57):609-621.

Efklides, A. 2006. Metacognition and affect: what can metacognitive experiences tell us about the learning process. Educational research review 1: 3-14.

Eggen, P. D. dan D. P. Kauchak. 1996. Strategies for teacher. Boston: Allyn and Bacon.

Flavell, J. H. 1987. Speculation about the nature and development of metacognition. In F. E. Weinert & R. H. Kluwe (eds), Metacognition, Motivation and Understanding (pp. 21-29). Hillside, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Hadi, A.N. 2009. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Metakognitif dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X di SMA Negeri 8 Malang pada Kemampuan Akademik Berbeda. (Penelitian). Malang: FMIPA UM.

[Kemendikbud] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Bahan Uji Publik Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawati, Rosi & Tino Leonardi. 2013. Hubungan Antara Metakognisi dengan Prestasi Akademikpada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlanggayang Aktif Berorganisasi di Organisasi Mahasiswa TingkatFakultas. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. 2 (01): 01-06.

Lidinillah, D. A. D. 2010. Perkembangan Metakognitif dan Pengaruhnya pada Kemampuan Belajar Anak.

Louca, E. P. 2008. Metacognition and Theory of Mind. UK: Cambridge Scholars Publishing.

Palennari, M. 2012. Potensi Integrasi PBL dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dalam Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Peserta Didik. (Penelitian). Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Purwaningsih, H. 2011. Pengaruh Penggunaan Peta Konsep pada Model Problem Based Learning terhadap Metakognisi Siswa. (Penelitian). Malang: Universitas Negeri Malang.

Putri, N. A. 2013. Pengaruh Strategi Pembelajaran (PBL dan RT) terhadap Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Biologi, dan Retensi Siswa Berkemampuan Akademin Rendah Kelas X pada SMA yang Berbeda. (Penelitian). Malang: Universitas Negeri Malang.

Singh, Y.G. 2012. Metacognitive Ability of Secondary Students and Its Association with Academic Achievement in Science Subject. International Indexed & Refered Research Journal (IV).

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusamedia.

Zein, A. R. 2010. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (SD) dalam Pembelajaran Sains pada Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri. (Penelitian). Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Published
2015-04-30
Section
Articles