ANALISIS HAMBATAN GURU BIOLOGI KELAS X DALAM IMPLEMENTASI STANDAR PROSES DAN STANDAR PENILAIAN KURIKULUM 2013

  • Candra Widyasmoro Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 1 Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, Indonesia
  • Siti Alimah Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 1 Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, Indonesia
Keywords: Obstruction, biology teacher, implementation, standar proses, standar penilaian, kurikulum 2013

Abstract

Abstrak

__________________________________________________________________________________

Standar Proses meliputi perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian proses dan hasil pembelajaran. Standar Penilaian meliputi penilaian otentik yang mengukur ranah kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara berimbang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan guru Biologi kelas X di SMA Negeri se Kabupaten Semarang dalam implementasi Standar Proses dan Standar Penilaian Kurikulum 2013. Berdasarkan observasi awal ditemukan fakta bahwa Guru Biologi Kelas X mengalami hambatan. Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dimana objek dan sumber data yang dipelajari diambil dengan teknik purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah guru Biologi kelas X, aktivitas yang diamati adalah proses pembelajaran, dokumen Silabus dan RPP digunakan sebagai data pelengkap. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis dekskriptif presentase digunakan untuk menganalisis data hasil kuesioner, data hasil wawancara dan observasi dianalisis secara kualitatif, data hasil dokumentasi sebagai data pelengkap. Hasil penelitian menunjukkan gambaran umum hambatan guru Biologi kelas X dalam perencanaan proses pembelajaran rata-rata sebesar 24,09% termasuk dalam kategori hambatan rendah, dalam pelaksanaan proses pembelajaran rata-rata sebesar 22,92% termasuk dalam kategori hambatan rendah, dan dalam penilaian proses dan hasil pembelajaran rata-rata sebesar 22,25% termasuk dalam kategori hambatan rendah.

Abstract

___________________________________________________________________

Standar Proses are include in learning procces plan, learning procces implementation, and learning proccess and output evaluation. Standar Penilaian are include in authentic assesment that measure attitude competence, knowledge competence, and skill competence in equal proportion. This researh go in a certain direction to find out the obstruction of Standar Proses and Standar Penilaian Kurikulum 2013 implementation for the ten grade Biology Teacher’s in state senior high school on entire Semarang regency. Be based on the beginning observation there is a fact that the ten grade Biology Teacher’s in state senior high school on entire Semarang regency have an obstruction. This is a Qualitative Research and the purposive sampling technique is use to take the object and the data resoure. The respondent on this research are the ten grade Biology Teacher’s, the activity observed is learning process, and the document of syllabus and the teacher’s learning implementation plan use as a data complement. The data accumulation methods is questionnaire, interview, observation, and documentation. The data analysis method is the descriptic analysis with percentage methods for analyzing the questionnaire data output. The interview and the observation data output analyzed by qualitative method, and the documentation data output as a complement. The result indicate the general representation of the ten grade senior high school Biology Teacher’s obstruction  on the learning procces plan in 24,09% average that include in low obstruction category, on the learning procces implementation in 22,92% average that include in low obstruction category, and then on the learning proccess and output evaluation in 22,25% that include in low obstruction category.

Abstrak

__________________________________________________________________________________

Standar Proses meliputi perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian proses dan hasil pembelajaran. Standar Penilaian meliputi penilaian otentik yang mengukur ranah kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara berimbang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan guru Biologi kelas X di SMA Negeri se Kabupaten Semarang dalam implementasi Standar Proses dan Standar Penilaian Kurikulum 2013. Berdasarkan observasi awal ditemukan fakta bahwa Guru Biologi Kelas X mengalami hambatan. Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dimana objek dan sumber data yang dipelajari diambil dengan teknik purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah guru Biologi kelas X, aktivitas yang diamati adalah proses pembelajaran, dokumen Silabus dan RPP digunakan sebagai data pelengkap. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis dekskriptif presentase digunakan untuk menganalisis data hasil kuesioner, data hasil wawancara dan observasi dianalisis secara kualitatif, data hasil dokumentasi sebagai data pelengkap. Hasil penelitian menunjukkan gambaran umum hambatan guru Biologi kelas X dalam perencanaan proses pembelajaran rata-rata sebesar 24,09% termasuk dalam kategori hambatan rendah, dalam pelaksanaan proses pembelajaran rata-rata sebesar 22,92% termasuk dalam kategori hambatan rendah, dan dalam penilaian proses dan hasil pembelajaran rata-rata sebesar 22,25% termasuk dalam kategori hambatan rendah.

Abstract

___________________________________________________________________

Standar Proses are include in learning procces plan, learning procces implementation, and learning proccess and output evaluation. Standar Penilaian are include in authentic assesment that measure attitude competence, knowledge competence, and skill competence in equal proportion. This researh go in a certain direction to find out the obstruction of Standar Proses and Standar Penilaian Kurikulum 2013 implementation for the ten grade Biology Teacher’s in state senior high school on entire Semarang regency. Be based on the beginning observation there is a fact that the ten grade Biology Teacher’s in state senior high school on entire Semarang regency have an obstruction. This is a Qualitative Research and the purposive sampling technique is use to take the object and the data resoure. The respondent on this research are the ten grade Biology Teacher’s, the activity observed is learning process, and the document of syllabus and the teacher’s learning implementation plan use as a data complement. The data accumulation methods is questionnaire, interview, observation, and documentation. The data analysis method is the descriptic analysis with percentage methods for analyzing the questionnaire data output. The interview and the observation data output analyzed by qualitative method, and the documentation data output as a complement. The result indicate the general representation of the ten grade senior high school Biology Teacher’s obstruction  on the learning procces plan in 24,09% average that include in low obstruction category, on the learning procces implementation in 22,92% average that include in low obstruction category, and then on the learning proccess and output evaluation in 22,25% that include in low obstruction category.

References

Ali, M. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Rineka Cipta.

Lina Safitri, N 2015. Analisis Kesesuaian RPP SMPN Unggulan di Pasuruan dengan Kurikulum 2013.

http://ejournal.unesa.ac.id/article/14271/34/article.pdf. [diakses tanggal 30 Maret 2015].

Maharani, L. 2015. Pengembangan Buku Ajar Berorientasi Problem Based Learning Pada Materi Invertebrata Kelas X SMA.

http://ejournal.unesa.ac.id/article/14270/34/article.pdf. [diakses tanggal 03 April 2015].

Mahfud Musthofa, R 2015. Analisis Komparasi Nilai Sikap dan Pengetahuan Menggunakan (Authentic Traditional Assesment Test (ATA Test) Dengan Penilaian Guru Pada Materi Ekologi Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Magetan.

http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/10936/0.pdf. [diakses tanggal 30 Maret 2015].

Manik Hermawati, N, W. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Penguasaan Konsep Biologi dan Sikap Ilmiah Siswa SMA Ditinjau dari Minat Belajar Siswa.

http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article/download/488/280. [diakses tanggal 05 April 2015].

Naufal, A. 2012. Pengelolaan Kelas Oleh Guru Terhadap Hail Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi Pokok Bahasan Virus Pada Siswa Kelas X MA Negeri Karangampel Kabupaten Indramayu.

http://web.iaincirebon.ac.id/ebook/repository/127360024_AKHMAD%20NAUFAL¬_OK.pdf. [diakses tanggal 05 April 2015].

Nurhamidah S, 2014. Upaya Peningkatan Pengelolaan Proses Pembekajaran Melalui Pendampingan Pada Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Guru-Guru Kelas I dan Kelas IV.

http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_pendas/article/download/1186/925. [diakses tanggal 30 Maret 2015].

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Perbangaturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Perbangaturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Perbangaturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 106 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Purwanto, R 2011. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Sistem Koordinasi Melalui Metode Pembelajaran Teaching Game Team Terhadap Siswa Kelas XI IPA Smart Ekselensia Indonesa Tahun Ajaran 2010-2011.http://www.undana.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=469&Itemid=388&dir=JSROOT%2FJURNAL%2FPENDIDIKAN%2FPENDIDIKAN_2011&download_file. [diakses tanggal 05 April 2015].

Rochadi, T. 2014. Evaluasi Implementasi Proses Pembelajaran Kurikulum 2013.

http://globaleducatie.blogspot.com/2014/01/evaluasi-implementasi proses.html. [diakses tanggal 06 April 2015].

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatf. Bandung: Alfabeta.

Trihartanti W, 2015. Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Materi Dunia Tumbuhan Di SMA Negeri Gedangan Sidoarjo.

http://ejournal.unesa.ac.id/article/14282/34/article.pdf. [diakses tanggal 01 Maret 2015].

Wijiyanto, F. 2009. Kesulitan Guru Bidang Studi Biologi dalam Mengelola Kelas Menggunakan Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas VII SMP Negeri Grobogan Tahun Ajaran 2008/2009 .

http://eprints.ums.ac.id/4185/1/A420020090.pdf.[diakses tanggal 05 April 2015].

Yogi Pranata, A 2015.Validitas Buku Pelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Sistem Pernapasan Bagi Siswa SMA/MA.

http://ejournal.unesa.ac.id/article/14261/34/article.pdf[diakses tanggal 03 April 2015].

Published
2015-08-01
Section
Articles