Abstract

Penelitian dilakukan di Bengkel Yamaha Motor Dewi Sartika Sampangan Semarang, dengan mengambil data primer selama 3 hari pada hari dan waktu sibuk yang dipilih secara random yaitu pada tanggal 12 Juni, 15 Juni, dan 16 Juni 2012. Variabel yang digunakan adalah  data waktu kedatangan pelanggan dan data lama pelayanan mekanik. Sistem antrian pada Bengkel Yamaha Motor pada ketiga tanggal tersebut mengikuti model (M/G/5//). Nilai faktor kegunaan pelayanan sebesar 0,8. Waktu tunggu rata-rata dalam antrian yang terlama yaitu sebesar 34 menit 48 detik. Banyaknya pelanggan terbanyak dalam antrian sebesar 4 pelanggan. Banyaknya pelanggan terbanyak dalam sistem sebesar 9 pelanggan. Waktu tunggu rata-rata yang dihabiskan seorang pelanggan terlama di dalam sistem sebesar  93 menit 30 detik. Perhitungan model antrian dapat dilakukan lebih cepat dengan bantuan program visual basic