KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MURDER BERPENDEKATAN PMRI DENGAN ASESMEN KINERJA PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP SERUPA PISA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Uswatun Hasanah
Wardono Wardono
Kartono Kartono

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran MURDER berpendekatan PMRI dengan asesman kinerja terhadap kemampuan literasi matematika. Metode penelitian ini adalah metode kombinasi concurrent embedded. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Kelompok sampel diberi pretes dan postes dengan instrumen yang sama. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji proporsi, ANAVA, uji LSD, dan uji Gain ternormalisasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran MURDER berpendekatan PMRI dengan asesmen kinerja efektif pada pencapaian kemampuan literasi matematika siswa, (2) kualitas pembelajaran melalui pembelajaran MURDER berpendekatan PMRI dengan asesmen kinerja mencapai kategori baik, dan (3) kemampuan literasi matematika subjek pada kelompok atas dapat memenuhi enam aspek pada literasi matematika, subjek pada kelompok menengah dapat memenuhi lima aspek pada literasi matematika, dan subjek pada kelompok bawah dapat memenuhi tiga aspek pada literasi matematika.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hasanah, U., Wardono, W., & Kartono, K. (2016). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MURDER BERPENDEKATAN PMRI DENGAN ASESMEN KINERJA PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP SERUPA PISA. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.11404

References

Agbulu, O.N. & E.E. Idu. 2008. The Impact Of Participatory And Expository Approaches On Learning Of Agricultural Science In Senior Secondary Schools In Benue State. Journal of Social Science, 16(3): 245 - 249.
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Johar, Rahmah. 2012. Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang 1(1):30-41.
Masrukan. 2014. Asesmen Otentik Pembelajaran Matematika. Semarang: CV Swadaya Manunggal.
OECD. 2010. PISA 2012 Mathematics Framework. Paris: OECD Publications.
Pratidina, et al.. Keefektifan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Pendekatan PMRI terhadap Hasil
Belajar. Unnes Journal of Mathematics Education 1(1):41.
Sadijah, C. 2009. Asesmen Kinerja dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Inovatif 4(2): 92-95.
Saija, Louise M. 2010. Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Model Kooperatif MURDER untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Tesis. Jurusan Matematika FMIPA. Bandung: UPI.
Stacey, K. 2011. The PISA View of Mathehatical Literacy in Indonesia. IndoMS. J.M.E 2(2):95-126.
Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA UPI.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.
Wardhani, Sri., & Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta:PPPPTK Matematika.
Wardono, et al. 2015. The Realistic Scientific Humanist Learning With Character Education To Improve Mathematics Literacy Based On PISA. International Journal of Education and Research Vol. 3 No. 1 January 2015.
Wildani, et al.. 2011. Penerapan Model Pembelajaran MURDER untuk Mengingkatkan Kemampuan Penalaran
dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MA di Kabupaten Kampar. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA. Bandung: UPI.

Most read articles by the same author(s)