KEEFEKTIFAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK MATERI LINGKARAN

Ula Himatul Aliyah, Hardi Suyitno, Arief Agoestanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model ResourceBased Learning dan Problem Based Learning efektif terhadap kemampuanpemecahan masalah peserta didik pada materi lingkaran sub pokok bahasanpersamaan garis singgung lingkaran dan mengetahui apakah penerapan modelResource Based Learning lebih baik dari Problem Based Learning. Populasi dalampenelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Semarang tahunajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik purposive random sampling.Data hasil penelitian diperoleh dengan metode tes yang dianalisis dengan ujiproporsi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelaseksperimen dan kontrol telah mencapai ketuntasan klasikal. Keaktifan pesertadidik kelas eksperimen dan kontrol dalam pembelajaran mencapai kriteria sangataktif. Kinerja guru selama pembelajaran mencapai kriteria sangat baik. Kelaseksperimen memiliki rata-rata kemampuan pemecahan masalah lebih tinggi darikelas kontrol. Simpulan yang diperoleh adalah penerapan Resource Based Learningdan Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalahpeserta didik dan penerapan Resource Based Learning lebih baik dari Problem BasedLearning.

Keywords


Keefektifan; Kemampuan pemecahan masalah; Problem Based Learning

References


Ann, L. et al. 2004. Improving Analyzing Skills of Primary Students Using a Problem Solving Strategy. Journal of Science and Mathematics Education in S.E. Asia, Vol. 27, No. 1, pp. 33-35. Tersedia di www.recsam.edu.my/R&D_Journals/YEAR2004/jour04no.1/33-53.pdf [diakses 15-10-2012].

Butler, M. 2012. Resource-Based Learning and Course Design: A Brief Theoretical Overview and Practical Suggestions. Law Library Journal, 2012, Vol. 104:2, pp.219-244. Tersedia di http://ssrn.com/abstract=1940668 [diakses 15-10-2012].

Campbell, L. et al. 2011. Resource-Based Learning. Tersedia di http://lcambell.myweb.uga.edu/eportfolio/resourcebasedlearning.doc [diakses 15-10-2012].

Diknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Diknas.

Ruseffendi, E.T. 1994. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-eksakta Lainnya. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suherman, H. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay - Two Stray Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas X SMA N 9 Bandung). Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Copyright © 2012 Semarang State University (Unnes). All rights reserved